Tiga Balon Senator Asal Sulsel Tidak Setor Bukti Dukungan Perbaikan, Termasuk Aliyah Mustika Ilham

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Sedikitnya ada tiga bakal calon DPD RI atau senator asal Sulawesi Selatan yang tidak menyerahkan bukti dukungan perbaikan hingga pukul 23.59 WITA di Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sulawesi Selatan.

Yaitu Aliyah Mustika Ilham, Novianus YL Patanduk, dan H.A.M Irsan Idris Galigo. Selain itu, ada lima balon senator diberi penambahan waktu penginputan selam 2*24 jam yaitu Sulprian, Armal Hakam, Mappatunru, Prof dr.Ir. A. Abdul Rachman, dan Prof.Dr. Idrus Andi Paturussi.

“Ada tiga balon senator yang tidak setor bukti dukungan perbaikan hingga batas waktu yang telah ditentukan. Sedangkan lima lainnya diberi penambahan penginputan karena mereka datang sebelum jam 23.59 WITA,”ujar Kasubag Teknis KPU Sulsel, Muh Asri ketika dikonfirmasi Djournalist.com pada Senin dinihari, 23 Januari 2023.

Asri pun menolak berkomentar lebih jauh terkait 3 balon senator yang tidak menyerahkan bukti dukungan perbaikan itu. Apakah lolos dalam tahapan selanjutnya atau tidak. “Gugur tidak nya bacalon senator nanti di akhir,”ucapnya singkat.

Diketahui, KPU Sulawesi Selatan telah membuka masa perbaikan bukti dukungan bagi bakal calon senator untuk daerah pemilihan atau Dapil Sulawesi Selatan sejak tanggal 16 hingga 22 Januari 2023. Hasilnya, dari 34 jumlah balon senator hanya 3 yang tidak menyerahkan bukti perbaikan dukungan yang sebelumnya berstatus belum memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat.