Maju Sebagai Bakal Calon Anggota DPD, Waris Halid Klaim Sudah Kantongi 3.000 Syarat Dukungan KTP

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Politisi Partai Golkar Waris Halid akan maju sebagai bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD di Pemilu 2024 mendatang. Adik dari Wakil Ketua Umum DPP Golkar Nurdin Halid itu mengklaim telah mengantongi 3.000 syarat dukungan KTP yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU .

“Alhamdulillah sudah tidak ada masalah soal syarat dukungan KTP. Sisa di verifikasi saja nanti. Apakah ada yang ganda atau tidak,”ujar Waris Halid di Hotel Teras Kita di Jalan Andi Pangerang Pettarani, pada Sabtu 26 November 2022.

Bahkan ia meyebut telah melakukan sosialisasi 10 daerah di Sulawesi Selatan. Langkah itu dilakukan untuk melakukan penggalangan dukungan. Mengingat masa tahapan sudah mulai berjalan.

“Saya sudah jalan 10 daerah di Sulawesi Selatan,”katanya.

Mengenai rivalitas, Waris menyebut tidak masalah. Baginya, semakin banyak tokoh yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD justru makin bagus. Alasannya, pembagian dukungan KTP akan merata.

“Seperti Bu Aliyah dan Pak Andi Yaqin Padjalangi mau maju tidak ada masalah. Justru lebih menguntungkan,”bebernya.

Terkait dirinya maju sebagai bakal calon anggota DPD, Waris mengatakan ingin mencari suasana baru. Setelah pada pemilu sebelumnya memilih jalur di legislatif.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Sulawesi Selatan menggelar sosialisasi penyerahan dan verifikasi persyaratan minimal dukungan pemilih bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD. Kegiatan itu dilakukan di Hotel Teras Kita, Jalan Andi Pangerang Pettarani.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sulawesi Selatan, Asram Jaya menjelaskan, tahapan bakal calon anggota DPD di mulai pada 6 hingga 29 Desember 2022. Yaitu persiapan penyerahan dukungan.

” Penyerahan dokumen namanya Silon. Membutuhkan petugas penghubung dan operator,”ucapnya.

Selanjutnya, Senin 1 Mei 2023 pendaftaran bakal calon DPD dilakukan, lalu pada Senin 15 Mei tahapan verifikasi administrasi. Kemudian, Jumat 14 Juli 2023 pemberitahuan hasil verifikasi administrasi.