Satu Dekade Partai NasDem Siap Rebut Kursi Ketua DPRD Sulsel di Pemilu 2024

MAKASSAR,DJOURNALIST,com – Partai NasDem genap berusia 10 tahun sebagai partai politik pada Kamis, 11 November 2020. Partai Nasdem Sulsel di bawah komando Rusdi Masse Mappasessu tampil sebagai partai politik pemenang kedua di bawah Partai Golkar.

NasDem mengendalikan 12 kursi, hanya terpaut satu kursi dari beringin rindang. Sementara kursi DPR RI, Nasdem menyamai beringin di Sulsel, sama-sama 4 kursi.

Sederet kader-kader NasDem juga kini menjabat kepala dan wakil kepala daerah di Sulsel. Kader 01 daerah seperti Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin, dan Wali Kota Palopo Judas Amir.

Kemudian, Bupati Pangkep Muh Yusran Lalogau, Bupati Barru Suardi Saleh, Sementara posisi 02 antara lain Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi, Wakil Bupati Takalar Achmad Daeng Se’re, Wakil Bupati Jeneponto Paris Yasir, Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana, Wakil Bupati Barru Aksa Mappe, dan Wakil Bupati Enrekang Asman, dan Wakil Bupati Soppeng Luthi Halide.

Kemudian salah satu tokoh Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mendapat kepercayaan Presiden Jokowi menjabat Menteri Pertanian. SYL adalah kader Nasdem. RMS kini juga menjabat pimpinan komisi di DPR RI. Ia menjabat Wakil Ketua Komisi IV bidang pertanian.

NasDem kini disebut-sebut salah satu partai politik berpeluang menang pemilu legislatif 2024 di Sulsel. Sejumlah kader Nasdem juga ramai disebut-sebut berpeluang maju calon Gubernur; seperti Rusdi Masse dan Danny Pomanto.

Pada momentum HUT satu dekade ini, Partai NasDem merayakan Hari Ulang Tahun satu dekat secara virtual di 34 provinsi.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, Syaharuddin Alrif menjelaskan, seluruh DPW dan DPD se-Indonesia mengikuti peryaan HUT NasDem melalui zoom meeting.

“Di tingkat pusat kegiatannya di hadiri Pak Presiden, di acara 10 tahun Partai NasDem,” kata Syahar.

Di Sulsel pengurus harian, anggota DPRD Provinsi dan Ketua DPD itu melakukan zoom dan rapat di tempatnya masing-masing. Syahar mengatakan, momentum HUT itu dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan di setiap kabupaten. Di antaranya penghijauan di sektor pertanian seperti penanaman manrove. Di Makassar akan dilaksanakan lomba vidio tiktok, dan kegiatan NasDem peduli.

Ia berharap, 10 tahun ini, khusunya di Sulsel Partai NasDem semakin membekas di hati rakyat Sulsel.Membekas kerjanya dan membumi kepercayaannya di hati masyarakat.
“Supaya di Pemilu 2024, baik Pilkada, Pilgub, dan Pileg Kabupaten/ Kota, Provinsi dan Pusat NasDem di Sulsel bisa menang,” jelasnya.

Sedangkan di Pemilu 2024, Syahar menyampaikan Partai NasDem menargetkan kemenangan pemilu legislatif Sulsel 2024. “Kami NasDem nomor dua di Sulsel, dari periode lalu urutan empat lalu naik urutan dua. 2024 kami bercita-cita jadi nomor 1 di Sulsel dan meraih 17 kursi hingga kursi Ketua DPRD Sulsel,”ucapnya.

Saat ini Partai Golkar masih mengontrol kursi terbanyak di DPRD Sulsel. Beringin mengontrol 13 kursi. Posisi kedua ditempati Partai Nasdem 12 kursi, Gerindra 11 kursi, Demokrat 10 kursi, lalu PKS 8 kursi.