Survei Vote Publik: Pilkada Maros Masih Dinamis Tiga Hari Jelang Pemilihan

Direktur Lembaga Survei Vote Publik, Sadikin Suhidin, Ahad 6 Desember 2020.

Direktur Lembaga Survei Vote Publik, Sadikin Suhidin, Ahad 6 Desember 2020.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Tiga hari menjelang Pilkada di Kabupaten Maros, pada 9 Desember pekan ini. Tak satupun pasangan calon yang mengunci kemenangan. Hal itu tergambarkan dalam survei sigi yang dilakukan oleh Vote Publik, Ahad 6 Desember 2020.

“Belum satupun pasangan calon yang mengunci kemenangan,”kata Direktur Lembaga Survei Vote Publik, Sadikin Suhidin kepada awak media.

Sadikin menjelaskan, berdasarkan survei yang dilakukan pada tanggal 1 hingga 4 Desember 2020, Pilkada Maros yang diikuti tiga pasangan calon masih dinamis. Terutama pasangan calon urut 2 dan 3. Hanya beda tiga persen saja. Sedangkan pasangan calon nomor urut 1 sangat jauh selisihnya.

“Elektabilitas paslon urut 1 Tajerimin-Hafid 17,6 persen, paslon urut 2, Chaidir-Suhartina 39,9 persesn, dan Paslon urut 3, Harmil-Ilhan 36,6 persen,”katanya.

Dalam survei ini pula tergambarkan, mayoritas pemilih 52,2 persen merasa puas terhadap kinerja Bupati dan Wakil Bupati Hatta Rahman-Harmil Mattotorang. Adapun yang tidak puas hanya 31,7 persen, dan merasa biasa saja 16,1 persen.

Survei ini menggunakan stratified multistage random sampling. Dengan jumlah sampel sebanyak 440 responden. Yang tersebar di 14 kecamatan dan 103 kelurahan.

Dengan margin error sekitar 4,8 persen pada tingkat kepercayaa. 95 persen.