Respon Survei Index, Risman: Pilgub Sudah Selesai, NH-Aziz Gubernur Sulsel Baru

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan M Risman Pasigai

Jubir Golkar Sulsel, Risman Pasigai.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan M Risman Pasigai merespon hasil survei Pemilihan Gubernur yang dirilis lembaga INDex Indonesia, Kamis (7/6). Survei itu menunjukkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel nomor urut satu Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar unggul signifikan dengan tingkat elektabilitas 30,1 persen.

Menurut Risman, hasil survei jelang pencoblosan sudah bisa menjadi gambaran perolehan suara para kandidat di TPS. Dengan tren elektabilitas semua kandidat yang sama-sama terus merangkak naik, NH-Aziz dipercaya akan memimpin perolehan dukungan masyarakat.

“Melihat hasil survei, kecil kemungkinan peringkat elektabilitas berubah. Sehingga menurut saya pribadi, Pilgub Sulsel sudah selesai. NH-Aziz gubernur Sulsel yang baru,” kata Risman di Makassar, Kamis 7 Juni 2018.

Surve INDex Indonesia menunjukkan NH-Aziz unggul 6,7% dari pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman, yang didukung 23,4% masyarakat. Disusul Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar dengan dukungan 18,9%, dan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo, 5,1%.

Menurut Risman, cukup sulit mendominasi perebutan suara pada satu bulan terakhir jelang pencoblosan. Apalagi survei menunjukkan, tren masing-masing kandidat sama-sama meningkat seiring menyusutnya jumlah pemilih mengambang. Pemilih yang telah memutuskan mendukung NH-Aziz, kata dia, juga sulit dipengaruhi agar berpaling ke kandidat lain.

“Hasil survei membuktikan program-program yang ditawarkan NH-Aziz diterima dengan baik oleh masyarakat. Dan berbagai serangan negatif yang dilemparkan kubu lawan nyatanya jurstru membuat masyarakat simpati kepada NH-Aziz, yang terus menunjukkan praktik politik santun,” ujar Risman.

Meski unggul survei, Risman mengingatkan jajaran tim pemenangan dan relawan NH-Aziz agar tidak terlena. Kinerja politik dan kerja sosial yang sudah lama dilancarkan, agar dijaga. Sisa waktu yang ada diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk menggalang lebib banyak dukungan.

“Seperti kata pak NH, kita harus menjaga suara yang sudah pasti mendukung. Jangan beri celah terhadap kecurangan. Pastikan kedaulatan ada di tangan rakyat, Insya allah  NH-Aziz keluar sebagai pemenang.”jelas Risman. (**)