Rasionalisasi Anggaran Pilgub Sulsel Makin Meningkat

Ketua Badan Anggaran DPRD Sulsel Fachruddin Rangga

Ketua Badan Anggaran DPRD Sulsel Fachruddin Rangga.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulawesi Selatan memutuskan rasionalisasi anggaran Pilgub Sulawesi Selatan ditingkatkan nilainya.

Semula hanya Rp 22 miliar kini ditambah. Setelah diketahui jumlah pemilih tetap berkurang 1 Juta jiwa.

“Dalam rapat badan anggaran sebelum memasuki bulan suci ramadan sudah mengeluarkan pendapat bahwa hasil review anggaran KPU Sulsel yang dilakukan inspektorat bersama KPU dengan nilai Rp 22 miliar lebih masih sangat kecil karena angka itu muncul dengan menggunakan dasar asumsi, misal jumlah pemilih dan jumlah TPS padahal dua  elemen ini saja mempengaruhi banyak item pembiayaan,”ujar Ketua Banggar DPRD Sulsel Fachruddin Rangga, Rabu 6 Juni 2018.

Saat ini jumlah pemilih setelah diterapkan berkurang hampir 1 juta demikian halnya jumlah TPS berkurang secara signifikan, dengan berbagai pertimbangan dan hasil hitung-hitungan banggar.

” Sehingga banggar berpendapat bahwa rasionalisasi pengurangan anggaran KPU masih sangat memungkinkan jauh di atas  Rp 2 M,”katanya.

Banggar kata dia, tidak menyebut lagi jumlah nilai karena pihaknya tidak ingin terjebak dengan menetapkan besaran jumlah, padahal sesungguhnya Banggar hanya ingin memberi warning dan rambu kepada KPU untuk lebih berhemat menggunakan anggaran.

“Krena kalau tidak bisa sesuka hatinya menggunakan anggaran,”jelas Rangga.

Untuk diketahui, total anggaran pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan senilai Rp 456 miliar. Berkurang menjadi Rp 434 miliar setelah dilakukan rasionalisasi. Angka ini masih cukup tinggi sehingga banggar menilai perlu dirasionalisasi.(**)