Andi Muhammad Rio Kembali ke Golkar, Demokrat Mengaku Ikhlas

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Partai Demokrat mengaku ikhlas mengenai langkah politik Andi Muhammad Rio Patiwiri Hatta yang kembali ke Golkar. Ia pulang ke beringin setelah sebelumnya bergabung ke Demokrat menjelang Pilkada Luwu Timur (Lutim) 2020 lalu.

“Kami ikhlas. Tidak ada rasa kecewa,”kata Ketua Bappilu Partai Demokrat Sulawesi Selatan Selle KS Dalle ketika dihubungi Djournalist.com, Rabu 17 November 2021.

Menurutnya, Partai Demokrat justru mendukung apa yang telah dilakukan oleh Andi Rio. Sebagai orang muda tentu memiliki karir yang panjang sehingga langkah inilah yang diambil.

“Paling tidak, dia pernah diberi panggung oleh partai kami. Kalau kelak dia berhasil menjadi bakal calon kepala daerah dia tidak melupakan kami,”ucapnya.

Senada, Sekretaris Partai Demokrat Sulawesi Selatan Azizah Irma Wahyudiati Irwan menabahkan, partainya tidak mempersoalkan langkah politik yang dilakukan Andi Rio. “Persoalan dia pindah, ini langkah politik yang bersangkutan. Kami ikhlas,”tutur Irma.

Sebab ia pun menyadari Andi Rio pada dasarnya besar dari keluarga Partai Golkar. Tapi belajar dari sejumlah pengalaman di mana selain Andi Rio banyak kader Partai Demokrat yang hijarah ke partai lain begitu sudah diusung menjadi calon kepala daerah.

“Tentu ini perlu di evaluasi supaya tidak terjadi lagi,”ucapnya.

Diketahui, beberapa kader Demokrat yang terpilih atau pun yang tidak terpilih menjadi calon kepala daerah pindah ke partai lain. Seperti mantan Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara, Bupati Torut Yohanis Bassang, dan Wakil Bupati Sidrap Mahmud Yusuf.

Adapun Andi Rio mengatakan, kembalinya ke Golkar karena mendapat ajakan. Terlebih keluarga besarnya memang mayoritas bergabung di Beringin.

“Iya, saya kembali ke Golkar. Terus terang saya dipanggil kembali ke Golkar. Ada ajakan, termasuk melanjutkan perjuangan orang tua,” kata Andi Rio saat dihubungi Selasa 16 November kemarin.

Andi Rio sejatinya merupakan anak dari Andi Hatta Marakarma, mantan Ketua Golkar Lutim dan Bupati Lutim dua periode. Saat ini ia menjabat Ketua Fraksi Golkar DPRD Sulsel.

Menariknya, mantan Calon Wakil Bupati Lutim ini langsung mendapat tempat khusus di Golkar Lutim. Ia diberikan amanah sebagai Sekretaris DPD II.

“InsyaAllah iya (jadi sekretaris). Saya tentu siap jika diberikan amanah. Tapi sampai saat ini belum disetujui dan kita menunggu persetujuan dari DPP. Jadi belum definitif,” terangnya.

Sejatinya ia bukan orang baru di Golkar. Sejak awal memang Andi Rio kader beringin. Namun karena mendapat rekomendasi Demokrat di Pilkada Lutim 2020, ia lalu setuju menjadi kader partai mirip bintang mercy itu.