Rusdi Masse Kawal Konsolidasi Kader NasDem Wilayah Indonesia Timur

Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse.

Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Politisi Sulawesi Selatan Rusdi Masse Mappasesu ikut mengawal konsolidasi kader Partai Nasdem di wilayah Indonesia Timur.

Dalam sepekan ini, Rusdi Masse ikut hadir dalam pelantikan dan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) dua pengurus wilayah. Ia didaulat membacakan Surat Keputusan (SK) pengurus DPW Nasdem.

Terbaru mantan Bupati Sidrap dua periode itu hadir dalam pelantikan dan Rakowil DPW Nasdem Sulawesi Tenggara di Kota Kendari, Selasa, 28 September 2021.

Sebelumnya RMS juga hadir dalam pelantikan dan Rakowil DPW Nasdem Sulbar di Hotel Claro Jl AP Pettarani Kota Makassar Jumat, 24 September malam.

Dalam kepengurusan DPP Partai Nasdem di bawah komando Surya Paloh, Rusdi Masse dipercaya menjabat Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi (OKK).

Rusdi Masse mengatakan seluruh pengurus wilayah punya tugas menggelar konsolidasi tingkat provinsi melalui rakorwil.

Tujuannya mengevaluasi kinerja kader, hingga struktur, dan infrastruktur partai hingga tingkat bawah.

Rakorwil merupakan konsolidasi internal kader menghadapi pemilu 2024, sekaligus memastikan struktur infrastruktur partai di tingkat provinsi, kabupaten kota, kecamatan, hingga desa kelurahan.

“Semua DPW menggelar rakorwil ini untuk mengevaluasi kinerja dan infrastruktur partai,” kata RMS kepada wartawan.

Sulbar jadi provinsi ke-19 menggelar rakorwil, sementara Sultra provinsi ke-20. Nasdem menargetkan merampungkan rakorwil di 34 provinsi pada akhir tahun 2021.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Ahmad Ali menyampaikan target Nasdem secara nasional masuk dua besar pemilu legislatif 2024.

Ahmad Ali meminta kader menyiapkan struktural dan infrastruktur partai hingga ke tingkatan terendah atau RT/RW.

Bagi Ahmad Ali, skuad tempur hingga akar rumput adalah kunci tampil bersaing pemilu 2024.

“Kita seburuk-buruknya menempati tiga besar, dan sebaik-baiknya peringat satu,” kata Ahmad Ali di hadapan ratusan kader Nasdem.

Dalam pemilu 2019 lalu, Partai Nasdem menempati posisi kelima di bawah PDIP, Gerindra, Golkar, dan PKB.

Nasdem memenangkan 59 kursi DPR RI dengan total suara 12.661.792 dengan persentase 9,05 persen.

Ketua Fraksi Nasdem DPR RI itu mengatakan hasil rakornas memerintahkan kader melakukan konsolidasi partai nasional.

Ketua Umum Surya Paloh mendelagasikan perintah itu kepada Ahmad Ali untuk memimpin konsolidasi itu secara nasional.

“Karena untuk meraih kemenangan di 2024, maka sedini mungkin DPP Nasdem atau struktur partai Nasdem menyiapkan mesin pemenangan. Yang di maksud mesin pemenangan adalah struktur partai,” ujar Ahmad Ali.

Ahmad Ali mengakui tantangan Partai Nasdem yaitu tidak memiliki pemilih ideologis seperti partai-partai lain yang sudah berumur puluhan tahun.

Untuk itu DPP dan seluruh struktur partai Nasdem harus mampu menciptakan pemilih paling tidak struktur partai nasdem sampai dengan tingkat DPRT.

“Itulah mesin-mesin pemenangan yang harus disiapkan oleh semua struktur partai nasdem di seluruh Indonesia,” katanya.

Kalau kemudian seluruh Indonesia 70 ribu Desa Nasdem mampu kita mampu membentuk struktur minimal 30 orang, Ahmad Ali percaya ada potensi 3 juta anggota partai nasdem yang ada dalam struktur partai Nasdem.