Soal Survei TRC, IAS Komitmen Partai Demokrat Rebut Kursi Ketua DPRD Sulsel

iIlham Arief Sirajuddin.

iIlham Arief Sirajuddin.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com –  Mantan Ketua Demokrat Sulawesi Selatan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengapresiasi rilis survei yang dikeluarkan The Real Consultant (TRC). Di mana dalam survei itu menyebutkan Partai Demokrat dapat merebut kursi ketua bila dia menjadi Ketua Demokrat Sulawesi Selatan.

“Itulah target saya bila di amanahkan menjadi Ketua Demokrat Sulawesi Selatan,”kata IAS melalui pesan whatsApp, Sabtu, 18 September 2021.

Wali Kota Makassar periode 2004-2014 itu komitmen menjadikan partai ini pemenang pemilu 2024 mendatang dan kader demokrat sebagai ketua DPRD Sulawesi Selatan.

Partai Demokrat Sulawesi Selatan dalam waktu dekat menggelar Musyawarah Daerah (Musda) dengan agenda pemilihan ketua baru periode 2021-2026. Dua nama disebut-sebut akan bertarung dalam musda itu. Yakni Ni’matullah (Ketua Demokrat Sulawesi Selatan) dan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang juga mantan Ketua Demokrat Sulawesi Selatan 2010-2015.

Sebelumnya, lembaga Survei The Real Consultant (TRC) menyebut ada tujuh partai politik yang berpeluang rebut kursi DPRD Sulsel 2024 mendatang. Partai Demokrat salah satunya.

Hanya saja, ada syarat yang disebut Direktur TRC, Muhammad Whiliadi perlu dipenuhi Demokrat. Syarat itu adalah menciptakan kesetaraan elektoral pimpinan partai selaku personal dan partai sebagai kelembagaan.

“Dua aspek ini saling mendukung. Makanya jika Demokrat ingin meraih 14 dari 10 kursi yang sudah ada, maka Demokrat perlu mempertimbangkan Ilham Arief Sirajuddin yang memimpin partai itu menggantikan Ni’matullah. Ni’matullah cukup bagus. Tapi bisa diuji ketokohan elektoralnya dengan IAS siapa yang paling bagus,” kata Whiliadi, Kamis 16, September lalu.