Kader Golkar Tana Toraja Desak Airlangga Copot Taufan Pawe

Puluhan senior dan kader partai besutan Airlangga Hartarto itu berunjuk rasa di sekretariat Golkar Tana Toraja, Jalan Pongtiku Makale, Jumat 27 Agustus 2021.

Puluhan senior dan kader partai besutan Airlangga Hartarto itu berunjuk rasa di sekretariat Golkar Tana Toraja, Jalan Pongtiku Makale, Jumat 27 Agustus 2021.

TANA TORAJA,DJOURNALIST.com – Puluhan senior dan kader partai besutan Airlangga Hartarto itu berunjuk rasa di sekretariat Golkar Tana Toraja, Jalan Pongtiku Makale, Jumat 27 Agustus 2021.

Aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap Musda X Golkar Tana Toraja, yang rencananya akan digelar Sabtu 28 Agustus besok di Makassar.

Dalam aksinya mereka memajang poster alasan penolakan serta mendesak DPP segera mengganti Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe.

Kader menilai Musda Golkar Tana Toraja yang digelar di Makassar itu mencederai demokrasi sebab melanggar aturan partai dan sarat dengan rekayasa.

Apalagi, 19 Pimpinan Kecamatan (PK) dicopot diganti oleh orang-orang tertentu. “Ganti Taufan Pawe, Golkar Jaya. Musda Golkar Tana Toraja melanggar AD/ART,” teriak salah satu tokoh senior Golkar di Tana Toraja Adolf Pakke.

Menurut Adolf yang sudah 30 tahun menjadi kader beringin itu, Taufan Pawe gagal mengemban tugas sebagai Ketua DPD I Golkar Sulsel. Sebab, lanjut Adolf Pawe tak mampu melakukan rekonsiliasi serta konsilidasi partai.

Ia menegaskan gejolak Golkar Tana Toraja akan sangat merugikan Ketua Umum Airlangga yang akan maju sebagai calon Presiden tahun 2024.

“Kami mohon DPP meninjau ulang posisi Ketua DPD I Golkar Sulsel Taufan Pawe. Ini bisa berefek pada 2024,” harap mantan Anggota DPRD Tana Toraja itu.

Senada dengan Herman Pane, PK Rembon yang dicopot. Menurutnya Musda Golkar yang tak sesuai keinginan akar rumput ini sangat merugikan partai Golkar sendiri.

Ia juga meminta 19 Ketua PK yang sebelumnya dicopot dapat kembali dipulihkan. “Kenapa (Musda) dilaksanakan di Makassar? Berarti ada yang tidak beres. Kami mohon pimpinan di DPP kembalikan Golkar jadi sahabat di Tana Toraja. Golkar pemenang di Tana Toraja,” ujarnya mewakili 19 PK.

Perlu diketahui Golkar Tana Toraja yang saat ini dinakhodai Lukman Kardy sebagai Pelaksana tugas (Plt) telah bergejolak beberapa kali. Hal ini mengakibatkan Musda Golkar Tana Toraja telah ditunda sebanyak tiga  kali.