Jelang Muscab, PPP Sulsel Petakan DPC Peraih Suara Minim Hasil Pileg 2019

Imam Fauzan

Imam Fauzan

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Partai Persatuan Pembangunan atau PPP memetakan DPC yang peraih suara minim pada hasil pemilu 2019 lalu. Hal itu dilakukan sebagai bahan evaluasi dalam kegiatan musyawarah cabang dengan agenda pemilihan Ketua DPC periode 2021-2026 mendatang.

Ketua DPW PPP Sulawesi Selatan Imam Fauzan menjelaskan, muscab PPP di 24 daerah akan digelar pada pertengahan juli hingga akhir agustus nanti.

“Muscab digelar pada 25 Juli hingga akhir agustus,”kata Imam kepada awak media di DPRD Sulawesi Selatan,Senin,5 Juli 2021.

Selanjutnya dilakukan pelantikan secara serentak pada akhir September dan Oktober.

Menurut legislator DPRD Sulawesi Selatan ini,sebelum memasuki muscab, ia sudah melakukan konsolidasi dengan pengurus DPC. Minus DPC Kabupaten Luwu Timur dan Selayar. Langkah itu dilakukan untuk mengetahui DPC mana saja yang

peraih suara yang terbanyak dan minim pada hasil pileg 2019 lalu.

“kami sudah memetakan DPC di kabupaten mana saja yang meraih suara minim hasil pileg 2019 lalu. Contohnya DPC di Kabupaten Wajo dari tujuh menjadi tiga kursi,”jelasnya.

Rujukan itu kata dia, menjadi bahan evalusi apakah ketua DPC bersangkutan akan diganti atau tidak. Karena untuk mendapatkan diskresi dari DPP perlu ada pertimbangan kinerja.

“Surat dari DPP, ketua partai yang sudah lebih dua periode bisa diberikan diskresi sepanjang prestasinya luar biasa,”tutur Imam.

“Tapi kami juga tidak akan membuang begitu saja ketua DPC yang dianggap gagal. Melainkan kami akan tarik ke DPW sebagai pengurus partai,”sambung dia.

Imam mengatakan, dalam musda nanti calon ketua yang akan maju di pilih oleh formatur. Formatur tersebut akan dibagi dalam dua kriteria. Maksudnya disesuaikan dengan jumlah kecamatan di daerah itu.

“Misalnya Kabupaten Gowa, Bone, dan Makassar. Jumlah kecamatannya cukup banyak. Sehingga formaturnya terdiri dari tujuh orang. Sedangkan daerah yang jumlah kecamatannya kecil, cukup lima formatur saja,”jelasnya.