Tanpa Nurdin Abdullah, Pilgub Sulsel 2024 Lebih Terbuka

Sejumlah kandidat yang akan maju di Pilgub Sulsel 2024. Yaitu Andi Iwan Darmawan Aras, Rusdi Masse, Andi Sudirman Sulaiman, Taufan Pawe, dan Adnan Puritcha Ichsan.

Sejumlah kandidat yang akan maju di Pilgub Sulsel 2024. Yaitu Andi Iwan Darmawan Aras, Rusdi Masse, Andi Sudirman Sulaiman, Taufan Pawe, dan Adnan Puritcha Ichsan.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Kasus hukum yang dialami Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah atau NA tentu punya dampak pada tingkat persaingan di Pemilihan Gubernur 2024 mendatang. Pengamat Politik Universitas Muhammadiyah atau Unismuh Makassar Luhur Andi Priyanto menyatakan kompetisi akan lebih terbuka.

“Tanpa NA persaingan Pilgub Sulsel tentu lebih terbuka. Terutama membuka asa, para bupati dan wali kota berprestasi untuk tampil kontestasi Pilgub 2024 nanti. Termasuk para pimpinan partai,”ujar Luhur ketika dikonfirmasi Djournalist.com, Ahad, 28 Februari 2021.

Kepala daerah seperti Mohammad Ramdhan Pomanto, Adnan Puritcha Ichsan, Indah Putri Indriani, dan Andi Fashar Padjalangi. Sedangkan ketua partai yaitu Andi Iwan Darmawan Aras dari Gerindra, Rusdi Masse dari Partai NasDem, dan Taufan Pawe dari Partai Golkar.

“Figur-figur ini cukup kuat, “katanya.

Ia menjelaskan, masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman yang kini dilanjutkan oleh Andi Sudirman Sulaiman berakhir di 2023 mendatang.

“Andi Sudirman Sulaiman atau ASS akan berstatus sebagai gubernur petahana. Meskipun demikian, dengan formasi politik dan birokrasi peninggalan NA, sepertinya ASS masih butuh waktu untuk adaptasi dan konsolidasi kekuatan,”tuturnya.

Lebih lanjut Luhur menambahkan, segala previlege politik kini berada di tangan mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman. Dia hanya perlu memperlihat talenta kepemimpinannya, termasuk dalam melihat Sulsel yag lebih beragam.

Belum lagi soal bagaimana menempatkan Amran Sulaiman atau AAS, dalam dinamika kepemimpinan baru. Terutama kalau AAS, juga punya cita-cita running di Pilpres 2024.

“AAS sudah di posisikan sebagai patron, yang bisa mengendalikan langkah politik adiknya ASS,”jelasnya.

Terpisah, Ketua Gerindra Sulawesi Selatan, Andi Iwan Darmawan Aras mengaku siap maju pada Pilgub Sulawesi Selatan 2024 mendatang.

“Saya siap maju sebagai bakal calon gubernur bukan posisi wakil,”ucapnya.

Langkah awal yang dilakukannya, kata Wakil Ketua Komisi V DPR ini adalah melakukan pembenahan infrastruktur partai hingga ke tingkat desa. Kemudian melakukan konsolidasi.

“Soal siapa bakal calon pendamping, jangan dulu di bahas. Karena masih terlalu lama,”jelasnya.

Adapun mantan politisi Partai Golkar Sulawesi Selatan, Rusdin Abdullah menyatakan siap memenangkan Andi Iwan Darmawan Aras bila memang final maju pada pemilihan tersebut.