Pemilik Suara Mulai Bahas Sosok Calon Ketua Golkar Makassar

Putra Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid, Nurhaldin Halid saat mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Ketua DPD II Golkar Makassar di Jalan Lasinrang, Ahad, 21 Februari 2021.

Putra Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Nurdin Halid, Nurhaldin Halid saat mengambil formulir pendaftaran sebagai calon Ketua DPD II Golkar Makassar di Jalan Lasinrang, Ahad, 21 Februari 2021.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Hari pertama pendaftaran calon Ketua DPD II Golkar Makassar yang digelar hari ini, Ahad 21 Februari 2021 masih adem ayem. Itu diketahui hanya dua calon yang mengambil formulir pendaftaran. Yaitu Munafri Arifuddin alias Appi dan Nurhaldin Halid.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Ketua DPD II Golkar Makassar Bidang Pembentukan Opini dan Media, Syamsinar Nur Alam alias Ocan mengakui kalau pendaftaran calon ketua DPD II Golkar Makassar masih adem ayem.

“Harusnya sudah bisa di panaskan. Tapi ini masih adem ayem,”kata Ocan ketika dihubungi Djournalist.com.

Ia berharap, seluruh kader Golkar Makassar yang memiliki potensi untuk mencalonkan diri. Agar pemilik suara dapat memilih figur yang tepat sebagai penerus Farouk M.Betta alias Aru-yang telah memimpin Golkar Makassar selama satu periode yaitu 2015-2020.

“Insya Allah Senin, 22 Februari besok pemilik suara akan melakukan diskusi kecil siapa figur yang tepat memimpin partai ini kedepan,”ucapnya.

Pemilik suara yang dimaksud diantaranya, 15 pimpinan kecamatan, organisasi yang didirkan, organisasi mendirikan, organisasi sayap, wanhat, DPD II, dan DPD I.

“Total pemilik suara sebanyak 21 orang. Dan setiap calon ketua wajib mendapat dukungan 7 dari pemilik suara,”tutur Ocan

Menurutnya, diskusi kecil perlu dilakukan agar pemilik suara solid mendukung calon yang tepat. Karena tujuannya hanya satu yaitu mampu membesarkan partai ini pada Pemilu 2024 mendatang.

“Hari pertama yang daftar adalah pak Appi dan Nurhaldin. Mereka ada plus minusnya. Sama halnya dengan Irianto Ahmad dan Juniar Arge bila besok (Senin) jadi mendaftar,”jelasnya.

Sedangkan Sekretaris AMPG Makassar, Tasrip Muin berharap calon ketua Golkar Makassar kedepan mampu memperhatikan pengurus di tingkat kelurahan dan kecamatan. Selain itu mampu membawa partai ini meraih kemenangan di Pemilu 2024 mendatang.

“Saya belum menentukan pilihan siapa yang akan didukung. Apakah pak Appi, Nurhaldin atau calon lain yang akan menyusul mengambil formulir. Yang terpenting memenuhi tiga kriteria. Punya financial yang cukup, perhatikan pengurus ditingkat bawah, dan mampu memenangkan Partai Golkar Makassar di Pemilu 2024,”katanya.

Adapun salah seorang Pincam dari Kecamatan Rappocini mengusulkan agar calon Ketua Golkar Makassar mengedepankan senioritas. Seperti Irianto Ahmad, Iswan S Utomo, dan Januar Arge.

“Kalau memang terwujud paket Appi-Nurhaldin sebagai Ketua dan Sekretaris Golkar Makassar, saya pribadi berharap Nurhaldin memberi kesempatan kepada kader senior terlebih dahulu,”tegasnya yang meminta namanya tidak disebutkan.

Diketahui, panitia Musda X Partai Golkar Makassar, membuka pendaftaran calon ketua Golkar Makassar pada Ahad 21 hingga 22 Februari untuk mengambil formulir pendaftaran.

Selanjutnya pada tanggal 22 hingga 23 Februari pengembalian formulir pendaftaran. Kemudian pada 24 Februari dilakukan verifikasi administrasi berkas. Mulai dari kartu tanda penduduk dan kartu tanda anggota sebagai kader Golkar Makassar, dan syarat dukungan dari pemilik suara.

Lalu pada tanggal 25 Februari penetapan calon yang telah memenuhi syarat. Adapun pelaksanaan Musda X Golkar Makassar dilaksanakan pada tanggal 6 Maret mendatang.