Isu Kongres Luar Biasa, Demokrat Sulsel Solid ke AHY

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Ketua DPD Demokrat Sulawesi Selatan, Ni’matullah Erbe menegaskan DPD dan DPC solid mendungkung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pasca adanya upaya pengambilalihan paksa atau kudeta kepemimpinan partainya.

“Kita sudah koordinasi dengan 24 DPC Kabupaten/Kota Partai Demokrat se-Sulawesi Selatan. Kami solid ke mas AHY,”kata Ni’matullah kepada awak media, Selasa 2 Februari 2021.

Menurutnya, Demokrat Sulawesi Selatan tetap mendukung AHY sebagai Ketua Umum partai ini, sebagaimana hasil kongres.

“Upaya pendongkelan ini tidak cocok dan ilegal,”kata Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.

Termasuk, isu akan diadakannya kongres luar biasa (KLB). Kalau hal itu mau dilakukan maka butuh persetujuan 2/3 dari pemilik suara 34 Ketua DPD dan 514 Ketua DPC se-Indonesia.

“Sementara ini mereka semua tetap mendukung mas AHY. Apalagi mas AHY belum cukup setahun memimpin partai ini. Sehingga tidak ada alasan untuk menggantikannya,”tutur Ni’matullah.

Ia menjelaskan, kudeta terhadap AHY terjadi di saat partai ini memiliki trend yang cukup bagus. Sehingga Dia sendiri tidak mengetahui secara pasti apa motif di balik ini.

“Di masa pandemi Covid-19 memang partai kami yang paling massif memberikan perhatian. Dengan koordinasi baik, mulai dari pemberian sembako, WiFi gratis, dan bantuan UKM membuat elektabilitas partai kami lumayan baik,”tegas Ni’matullah.

Bahkan partainya selalu mengedepankan berpolitik secara proporsional. “Kalau bagus tentu kami puji pemerintahan tapi kalau tidak kami tentu melakukan kritik ke pemerintah,”katanya

Ni’matullah mengakui, upaya penggalangan dukungan untuk melakukan kudeta terhadap AHY berimbas ke DPD. Termasuk di Sulawesi Selatan.

“Saya sempat di telpon oleh oknum salah seorang partai Demokrat dari Jakarta. Tapi saya tolak karena kondisi Covid-19. Tahu-tahunya mereka ingin melakukan hal seperti ini,”jelasnya.