Dua Komisioner KPU Barru Diberi Sanksi Peringatan dari DKPP, Tiga Lainnya Rehabilitasi

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
memberikan sanksi peringatan terhadap dua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru yaitu Lilis Suryani dan Masdar. Sedangkan tiga komisioner lainnya masing-masing Syafruddin H. Ukkas, Muhammad Natsi Azikin, dan Abdul Syafah nama baiknya direhabilitasi.

Putusan nomor perkara 184-PKE-DKPP/XI/2020; 192-PKE-DKPP/XII/2020; dan 194-PKE-DKPP/XII/2020 dibacakan oleh anggota Komisioner DKPP melalui video confrens di Jakarta, Rabu, 27 Januari 2021. Yakni Alfrita Salam, Teguh Prasetyo, Didik Supriyanto, dan Ida Budhiati terhadap 13 perkara dalam sidang pembacaan putusan.

“Memberikan sanksi peringatan kepada dua komisioner KPU Barru sedangkan lainnya namanya direhabilitasi,”kata Didik Supriyanto.

Diketahui, teradu dalam tiga perkara ini adalah Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Barru, yaitu Syafruddin H. Ukkas, Lilis Suryani, Masdar, Muhammad Natsir Azikin dan Abdul Syafah B. Masing-masing nama tersebut secara berurutan berstatus sebagai Teradu I sampai V.

Perkara nomor 184-PKE-DKPP/XI/2020 diadukan oleh H. M. Malkan Amin dan A. Salahuddin Rum yang memberikan kuasa kepada Ahmad Marsuki.

Perkara nomor 192-PKE-DKPP/XII/2020 diadukan Mudassir Hasri Gani dan Askah Kasim yang memberikan kuasa kepada Mursalin Jalil serta Abdul Aziz.

Sedangkan Pengadu dalam perkara nomor 194-PKE-DKPP/XII/2020 adalah Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Barru, yaitu Muhammad Nur Alim, H. Abdul Mannan dan Farida.

Dari semua perkara di atas, kelima Teradu didalilkan melakukan pelanggaran ketika menetapkan Calon Wakil Bupati Kabupaten Barru atas nama Aska Mappe memenuhi syarat meskipun belum menyerahkan keputusan pejabat yang berwenang tentang pemberhentian sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Untuk diketahui, dalam Pilbup Barru Tahun 2020, Aska berpasangan dengan Surdi Saleh. Keduanya dinyatakan sebagai pasangan calon (paslon) yang bernomor urut 02 dalam Pilbup Barru Tahun 2020.