Amran Sulaiman Mampu Kalahkan Ketokohan Khofifah Indar Parawansa dan Rizal Ramli

Andi Amran Sulaiman (Foto/Facebook)

Andi Amran Sulaiman (Foto/Facebook).

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Lembaga Survei Kelompok Diskusi Kajian Opini Publik (KedaiKOPI) merilis daftar nama Tokoh Alternatif Nasional pada pertengahan Juni 2020 kemarin. Mantan Menteri Pertanian RI Periode 2014-2019 Andi Amran Sulaiman adalah satu-satunya tokoh dari kawasan timur Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

“Saya tidak heran jika ada lembaga nasional yang menemukan sosok Amran Sulaiman sebagai figur yang layak mewakili Indonesia timur. Siapa dia dan pergerakkannya apa sehingga bisa mengantarkan Jokowi jadi presiden dua periode? Artinya orang ini bukan tokoh sembarang sebenarnya,” kata Direktur Eksekutif PT. Indeks Politica Indonesia, Suwadi Idris Amir.

Hal itu diungkapkan Suwadi saat menjadi narasumber dalam diskusi blended daring-luring yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulawesi Selatan dengan tema “Memotret Indonesia dari Timur” di Warkop 115, Toddopuli, Kota Makassar, Senin, 18 Januari 2021.

Menurut peneliti yang telah malang melintang di dunia riset ini, tidak salah jika publik melirik Amran Sulaiman sebagai representasi kawasan timur Indonesia, walaupun sebenarnya masih banyak figur potensial lainnya seperti Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Namun secara gerakan nasional, SYL dan NA belum teruji. Beda dengan Amran Sulaiman. Sudah dua periode menjadi motor Jokowi di Indonesia timur. Dan bukan hal yang mudah memenangkan Jokowi di satu wilayah geopolitik. Apalagi Pak Amran sebagai pengusaha besar, banyak membantu masyarakat di kawasan timur Indonesia,” lanjutnya.

Suwadi yakin pada Pilpres 2024 nanti, capres dari pulau Jawa akan kembali melirik figur-figur dari kawasan timur Indonesia sebagai cawapresnya. Paduan geopolitik barat-timur terbukti mampu memenangkan suara mayoritas di setiap penyelanggaran Pilpres selama ini.

“Saya secara pribadi melihat potensi Pak Amran Sulaiman itu lebih besar dibanding figur-figur lain di Indonesa timur,” imbuhnya.

Survei KedaiKOPI yang digelar secara nasional di 34 provinsi se-Indonesia pada 27 April-8 Mei dan 2-4 Juni 2020 dengan melibatkan 1.200 responden dengan metode online survei. Amran Sulaiman menempati peringkat ke enam sebagai sosok alternatif yang paling disukai public. Ia mengalahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI, Rizal Ramli.