Survei PT.GSI: Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi Pasti Kalah

Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi.

Bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Fatmawati Rusdi.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com –  Direktur PT GSI, Herman Lilo menganalisis peluang Danny-Fatma memenangkan Pilwalkot sangat tipis. Hal ini berdasarkan rekam tren elektabilitas mantan Walikota Makassar periode lalu itu selama ini.

Apalagi dalam semua simulasi, pasangan Danny-Fatma hanya menang tipis terhadap para calon penantang. Perbedaan tipis dan kecenderungan tren negatif menjadi biang kekalahan Danny.

“Adalah kecelakaan bagi seorang petahana jika elektabilitasnya berbeda tipis dengan penantang. Apalagi petahana selalu menjadi musuh bersama para penantang. Orang yang diasosiasikan sebagai petahana, lalu tren surveinya negatif (turun.red), itu akan mengalami turbulensi sampai hari H nanti,” tegas Herman, Ahad 28 Juni 2020.

Adapun tren Ical-Fadli diakui meningkat positif bersama-sama dengan tren Appi-ARB. Menurut Herman, lonjakan elektabilitas Ical-Fadli cukup banyak dipengaruhi oleh kerja-kerja kampanye terselubung yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar selama masa pandemi Covid-19.

“Penggunaan PMI oleh Deng Ical pada masa pandemi itu memang sangat efektif dan terus mengangkat elektabilitas beliau. Tapi pada masa kampanye resmi nanti, dia tidak lagi bisa bergerak menggunakan PMI. Karena sangat riskan melanggar aturan kampanye,” lanjut Herman.