Ismak Sentil Cawalkot Makassar Karena Tak Mampu Memberi Edukasi dalam Menghadapi Covid-19

Muhammad Ismak.

Muhammad Ismak.

JAKARTA, DJOURNALIST.com – Ketua Asosiasi Advokat Indonesia Muhammad Ismak menyebut pandemi Covid-19 yang telah melanda negara ini sangat dibutuhkan panduan kepemimpinan yang dapat memberi arah agar masyarakat tahu dan dapat bertindak tepat sehingga korban bencana ini dapat diminimalisir.

“Kebutuhan panduan dan arah kepemimpinan ini sejalan dengan momentum pilkada yang proses dan tahapannya sedang berlangsung saat ini,”ujar Ismak dalam keterangan tertulisnya, Selasa 26 Mei 2020 malam.

Menurut dia, antusiasme para calon kepala daerah sebelum pandemi agaknya tidak tampak dalam proses penanganan bencana ini. Kelihatannya, tidak satupun calon pemimpin daerah yang turun ke masyarakat memberikan wawasan bagaimana menghadapi covid ini.

“Yang kita lihat hanya memberi dan bagi-bagi makanan dan paket sembako di jalan dan belum hal strategis berkelanjutan,” sambung Ismak yang juga Ketua Ikatan Alumni Unhas Jabodetabek.

Selanjutnya Ismak memberi contoh, bahwa di Makassar misalnya, para calon Wali Kota tidak tampak antusias memperlihatkan bahwa penggunaan science dan wawasan kepemimpinan sangat diperlukan, di tengah perilaku masyarakat yang terkesan sulit di atur. Padahal ini adalah kesempatan baik untuk menghadirkan kepemimpinan yang dapat memberi arah dan harapan serta panduan bagaimana hidup di tengah wabah.

“Tapi saya lihat hampir pada semua level kepemimpinan, hal ini tidak tampak, termasuk di tingkat pusat,” tambah bakal calon wali kota Makassar ini.