KPU Torut Uji Coba E-Coklit di Kelurahan Tagari Tallunglipu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) lakukan uji coba E-Coklit di 2 TPS sebagai sampel.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) lakukan uji coba E-Coklit di 2 TPS sebagai sampel.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara (Torut) lakukan uji coba E-Coklit di 2 TPS sebagai sampel. 1 TPS di Kelurahan Tagari Tallunglipu dan 1 TPS di Lembang Tallulolo, Kamis (14/5/2020).

“Karena dilakukan dalam masa Pandemi Covid-19, maka uji coba menerapkan protocol pencegahan covid dengan prosedur jaga jarak, pakai masker, kaos tangan,” kata Simeon Sarira, Anggota KPU Torut. Divisi Perencanaan, Data dan Informasi.

Menurutnya, jika pencocokan dan penelitian (coklit) dilakukan dimasa yg normal maka akan dilakukan dari rumah ke rumah (door to door) tetapi krn msh masa pandemi maka dilakukan coklit dengan melibatkan RT atau RW atau Kepala Lingkungan (Kepala Dusun) yang berlokasi warganya di TPS tersebut.

“Penggunaan aplikasi e-coklit merupakan terobosan KPU untuk membuat pendataan pemilih lebih akurat, lengkap, transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Lanjut dia, jika menggunakan aplikasi laporan dan masukan masuarakat atas perbaikan data akan lebih cepat dimutakhirkan.

Hanya saja, kendala dari uji coba ini karena masih seluruhnya online terhubung internet maka masih bergantung dengan kualitas sinyal dan jaringan internet.

“Namun menurut informasi akan ada versi offline nya sehingga bisa digunakan ditempat yang tidak ada sinyal. Nanti proses upload datanya baru menggunakan internet untuk dikirim ke server aplikasi,” ungkapnya.

Sejauh uji coba hari ini cukup lancar dan beberapa catatan masukan pemantapan aplikasi akan kami kirimkan ke KPU Provinsi .

“Semoga aplikasi ini dapat mendukung data pemilih yg lebih terpercaya yang menjadi salah satu intrument pemilihan berintegritas,” tutup dia. (***)