Saiful Jihad: Tiga Kegiatan Bawaslu Tetap Berjalan Meski Tahapan Pilkada Sulsel 2020 Ditunda

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  –   Komisiioer Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan, Saiful Jihad menyatakan, ada tiga kegiatan badan pengawas tetap dilaksanakan meski tahapan Pilkada 2020 ditunda.

Yaitu pengawasan terkait dengan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan, termasuk kajian strategi yang bisa dilakukan dalam kondisi interaksi fisik dibatasi. Kemudian,  penguatan kapasitas jajaran pengawas pemilu, dengan memanfaatkan media teknologi informasi yang tersedia, dan  membuka kelas online terkait penguatan pengawasan partisipatif, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengawal proses demokrasi di setiap perhelatan.

” Meski tahapan Pilkada ditunda, tugas pengawas pemilu tidak berarti juga ditunda. Inilah tiga kegiatan badan pengawas yang tetap berjalan,”ujar Saiful, Rabu, 1 April 2020.

Lanjut Saiful, yang ditunda adalah tahapannya, yakni tahapan yang belum berjalan, ditunda untuk waktu yang akan ditetapkan oleh KPU, berdasarkan pada Perpu yang akan diterbitkan oleh pemerintah, sebagai pengganti Undang-Undang. Dengan demikian, tahapan yang sudah berjalan tetap dianggap sebagai sesuatu yang telah ada dan akan dilanjutkan, bukan diulangi lagi dari awal.

“Pengawasan terhadap kegiatan yang sifatnya non-tahapan, seperti netralitas ASN, dan yang lain,”katanya.