Bawaslu Sulsel Tak Melarang Parpol dan Calon Kepala Daerah Bantu Masyarakat Cegah Corona, Asal….

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan menegaskan, pihaknya sama sekali tidak melarang anggota DPRD ataupun DPR membantu masyarakat dalam melakukan pencegahan virus corona atau covid-19 yang tengah mewabah di daerah ini

“Tidak ada salahnya partai, anggota DPR atau siapapun yang ingin membantu masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan sebagai bentuk kepedulian atas merebaknya virus Corona,”ujar Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad, Jumat 27 Maret 2020.

Menurutnya, semua orang mesti turun tangan dan mendukung upaya tersebut. “Sekali lagi, Bawaslu tidak melarang dan tidak mempersoalkan jika ada yang memberikan perhatian dengan membantu mengatasi penyebaran virus itu,”katanya.

Yang menjadi catatan kata dia, adalah, jika kegiatan itu menjadi agenda yang dibiayai oleh pemerintah, baik daerah maupun pusat, itu tidak boleh dimanfaatkan oleh kelompok tertentu, atau pasangan bakal calon yang berniat untuk maju dalam Pilkada 2020. “Terhitung 6 bulan sebelum penetapan calon. Itu yang dilarang, karena jika itu dilakukan, berpotensi melanggar pasal 71 Undang-Undang  Nomor 10 tahun 20216 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota,”jelasnya.