Potensi Head to Head di Pilkada Barru, PKS Unggulkan Suardi-Riogi

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Barru baru saja merilis hasil survei teranyar untuk Pilkada Barru 2020.

Ketua DPD PKS Barru, Rusdi Hidayat Jufri menuturkan, wajah lama masih mendominasi kontestasi demokrasi di Kabupaten Barru. Bahkan, berdasarkan hasil survei akan mengerucut ke pertarungan head to head.

“History political di Kabupaten Barru tidak terlalu banyak wajah baru sehingga akan mengerucut ke head to head saja,” kata Rusdi di Warkop Soqta, Rabu (22/1/2020).

Meski begitu, PKS masih menunggu penentuan pasangan dari incumbent Suardi Saleh. Karena saat ini masih Malkan Amin yang sudah menentukan pasangannya yakni Salahuddin Rum.

“Kita menunggu dulu sampai dua pasangan, baru kita putuskan pilihan rekomendasi, biar ada perimbangan kita memilih,” kata Rusdi Hidayat mendampingi Kasman.

“Kami memang mau menang, jadi tolak ukur untuk memutuskan rekomendasi dukungan adalah yang paling tinggi elektabilitasnya,” kata dia.

Di mana, ada 3 nama yang telah mendaftar di PKS Barru, yakni Suardi Saleh, Malkan Amin dan Nurdin Yuseng.

Menariknya, siapa pun yang menjadi kandidat 01 nantu, nama calon wakil yang mencuat, yakni Andi Mirsa Riogi.

Sementara itu, Kasman dari lembaga survei Smart Power Institute yang digandeng PKS, mengatakan, survei dilakukan pada 9-16 Januari 2020, melalui metode sampling dengan 400 responden dan tersebar di tujuh kecamatan.

Dari 20 lebih nama kandidat yang disodorkan melalui kuesioner yang paling banyak diketahui melakukan tatap muka bertemu masyarakat tertinggi Suardi Saleh, Malkan Amin Andi Mirza Riogi Idris atau Andi Ogi dan Andi Salahuddin Rum.

“Kalau pemilihan kepala daerah (Barru) hari ini secara terbuka, incumbent (Suardi Saleh) berada dipuncak di top of mine 17,0 persen, disusul Malkan Amin 7,0 persen dan ketiga Andi Ogi 3,5 Persen,” kata Kasman.

“Sementara kalau simulasi pencoblosan, tetap Pak Suardi Saleh secara elektabilitas 24 persen, disusul Malkan Amin 11,5 persen dan Andi Ogi 4 Persen, kandidat lainnya masih dibawah 1 persen. Jadi ini 3 besar yang elektabilitasnya tinggi,” sambungnya.

Kasman yang juga lembaga survei pembanding di internal PKS ini mengungkapkan, Pilkada Barru 2020 ini lebih menguat adalah head to head.

“Kalau melihat peta politik. Lebih condong head to head antara Suardi Saleh melawan Malkan Amin,” kata dia. (**)