18 Januari, KPU Makassar Buka Perekrutan PPK Sistem Online

KPU Makassar menggelar konfrensi pers terkait kesiapan merekrut PPK di Pilwalkot Makassar 2020, Rabu 15 Januari 2020.

KPU Makassar menggelar konfrensi pers terkait kesiapan merekrut PPK di Pilwalkot Makassar 2020, Rabu 15 Januari 2020.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  —  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar akan melakukan perekrutan penyelenggara ad hoc Panitia Penyelenggara tingkat Kecamatan (PPK) jelang Pemilihan Walikota Makassar 2020. Pendaftaran dibuka mulai 18-24 Januari nanti.

Ketua KPU Kota Makassar, Farid Wajdi mengatakan perekrutan dilakukan karena tahapan mulai berjalan. Perekrutan PPK dilakukan diawal untuk mendapat tanggapan publik terkait calon PPK yang direkrut.

“Tahapan ini serentak berjalan di daerah yang menggelar Pilkada. Tahapan penyelenggaraan pemilu berjalan dan sudah mulai hangat-hangat,” kata Farid Wajdi saat konfrensi pers di Kantor KPU Kota Makassar, Jalan Perumnas Antang, Makassar, Rabu 15 Januari 2020

Ia berharap Pilkada Makassar 2020 bisa dikelolah secara baik oleh penyelenggara dengan melibatkan semua stackholder.

Sementara itu, komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari mengatakan pembentukan penyelenggara ad hoc mulai hari ini dengan pengumuman dan pendaftaran pada 18 Januari nanti.

“Perekrutan ad hoc momen yang penting karena ujung tombak tingkat,Kecamatan, Kelurahan dan TPS. Sukses kami ditentukan oleh ad hoc,” ujar Endang.

Ia menyebutkan KPU Makassar tidak main-main dalam perekrutan ad hoc. Karena dilandasi dengan tiga ukuran yakni, Profesional, Integritas, dan Independen.

Endang menambahkan perekrutan akan dilakukan dengan melakukan pendaftaran secara online karena pihaknya ingin calon PPK adalah orang yang paham dengan kemajuan teknologi.

“Kenapa berbasis online setelah pemilu kami evaluasi. Banyak ad hoc yang gaptek karena semua menggunakan sistem IT sehingga semua berbasis IT. Karena rekap pemilu Makassar paling lambat sistem di kecamatan yang lambat,” pungkasnya.

Komisioner, Romy Harminto memaparkan pihaknnya menginginkan ad hoc yang melek teknologi sesuai dengan PKPU Nomor 8 yakni penggunaan onlone secara maksimal.

“Kita ingin Makassar melek IT karena sebelummya banyak yang alergi dengan IT,” ucapnya.

Ia melanjutkan alamat website yang disediakan KPU Kota Makassar untuk pendaftaran calon PPK dengan mengakses regppk.kota-makassar.kpu.co.id.