Calon Wakil Appi Mulai Mengerucut

Balon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin.

Balon Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin (Appi) mulai mengerucutkan nama-nama figur yang bakal menjadi calon wakilnya maju di Pilwalkot 2020 mendatang.

“Dari 14 nama yang sebelumnya tim pemenangan Appi godok, sekarang sudah ada enam nama yang kita perhatikan khusus,” kata Juru Bicara Appi, Muhammad Fadli Noor, Rabu (8/1/2020).

Dua nama berasal dari latar belakang perwakilan akademisi, dua nama birokrat dan dua nama politisi.

Enam nama calon wakil tersebut antara lain: Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan Sulsel, Prof Yusran Yusuf; Dekan Fakultas TI Universitas Muslim Indonesia, Dr Zakir Sabara H Wata; Sekretaris Daerah Kabupaten Jeneponto, Dr dr Syafruddin Nurdin; Mantan Asisten Walikota Makassar Bidang Ekonomi, Dr Muh Syaiful Saleh; Ketua DPC Partai Demokrat Makassar, Adi Rasyid Ali; dan politisi Partai Perindo, Nasran None.

“Indikator kita dalam menentukan siapa yang menjadi wakil Pak Appi itu berdasarkan penilaian objektif. Yakni riset atau survei dan analisis SWOT yang dilakukan oleh para pakar,” lanjut Fadli.

SWOT adalah singkatan dari Strenghts (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Treats (ancaman).

Lalu kapan nama wakil akan diputuskan? “Rentang waktu masih lama menuju pendaftaran, jadi kita tidak ingin terburu-buru dalam memutuskan. Kita memutuskan dengan hati-hati berdasarkan pertimbangan yang matang,” imbuhnya. (*)

Grafis Enam Nama Calon Wakil Appi:

1. Prof Yusran Yusuf (Dekan FK Unhas/TGUPP Gubernur Sulsel)
2. Dr Zakir Sabara H Wata (Dekan FTI UMI)
3. Dr dr Syafruddin Nurdin (Sekda Jeneponto)
4. Dr Muh Syaiful Saleh (Mantan Asisten Ekonomi Walikota Makassar/Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel)
5. Adi Rasyid Ali (Ketua Demokrat Makassar/Legislator Makassar)
6. Nasran None (Perindo)