Bawaslu Makasar Lantik 45 Pengawas Kecamatan di Pilkada 2020

Pimpinan Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo saat menghadiri pelantikan 45 Panwascam KOta Makassar di Makassar, Sabtu 21 Desember 2019.

Pimpinan Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo saat menghadiri pelantikan 45 Panwascam KOta Makassar di Makassar, Sabtu 21 Desember 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Sebanyak 45 Pengawas Kecamatan (Panwascam)  untuk pilkada 2020 resmi dilantik. Pelantikan iu digelar di Hotel Citadines, Jalan Sultan Hasanuddin, Sabtu 21 Desember 2019.

Dalam sambutannya, Pimpinan Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo menghimbau agar Panwascam menjaga marwah lembaga Bawaslu dengan menjaga prinsip Soliditas, Integritas, Mental, dan Profesional.

“Baru tahun ini proses perekrutan panwascam tahun ini yang menggunakan metode CAT, bertanda kesungguhan Bawaslu untuk mendapatkan penyelenggara yang berintegritas, karena dengan penyelenggara yang berintegritas akan menghasilkan pemilu yang berintegritas, dan pemilu yang berintegritas akan menghasilkan pemimpin yang berintegritas pula,”ujar Ratna.

Di tempat yang sama, Kordiv SDM Bawaslu Kota Makassar, Abdillah Mustari, mengungkapkan, bahwa total jumlah Panwascam yang dilantik dan di ambil sumpahnya dalam kegiatan ini berjumlah 45 orang. Yang tersebar di 15 kecamatan.

“Bawaslu mendahului pembentukan panwascam dari pada PPK, 45 orang yang dilantik hari ini adalah bahagian dari 1.2621 orang sebagai bagian panwascam se-Indonesia.
Anggota panwascam yang telah dilantik adalah orang-orang terbaik merupakan produk dari seleksi yang ketat,”katanya.

Adapun Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb berharap agar panwascam yang dilantik hari ini memiliki integritas yang kuat untuk mengfhadirkan demokrasi yang lebih baik. “Makassar menjadi barometer yang pada pemilihan yang lalu menghasilkan sejarah baru dalam kehidupan politik di negara ini, perhatian banyak orang akan kembali mencermati Kota Makassar dalam proses pemilihan ini,”jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut pula dihadiri Bawaslu Makassar dan Bawaslu Sulawesi Selatan. Masing-masing Laode Arumahi dan Azry Yusuf.