Survei: LSI Unggulkan Adnan Puritcha Ichsan YL di Pilkada Gowa

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset terbarunya menjelang Pilkada Kabupaten Gowa yang akan digelar 23 September 2020 mendatang. LSI menempatkan Adnan Purichta Ichsan sebagai pemenang.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset terbarunya menjelang Pilkada Kabupaten Gowa yang akan digelar 23 September 2020 mendatang. LSI menempatkan Adnan Purichta Ichsan sebagai pemenang.

MAKASSAR,DJOURNALIST.com  —  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil riset terbarunya menjelang Pilkada Kabupaten Gowa yang akan digelar 23 September 2020 mendatang. LSI menempatkan Adnan Purichta Ichsan sebagai pemenang.

Dimana disebutkan, masyarakat Gowa yang mendukung Adnan sebagai calon kandidat bupati petahana mencapai 60,11%. Adapun kandidat lainnya; Amir Uskara dan Darmawangsyah Muin menempati urutan kedua dan ketiga dengan perolehan suara masing-masing 10,11% dan 5,23%.

“Tingginya hasil capaian suara yang diperoleh Adnan Purictah Ichsan tidak terlepas dari hasil kinerjanya pada masa pemerintahan empat tahun ini. Publik Gowa menilai Adnan berhasil memimpin sehingga tingkat kepuasan signifikan,” papar peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Haerul Aman dalam konfrensi pers hasil survei Kabupaten Gowa di Hotel Mercure, Makassar, Rabu, 27 November 2019.

Menurut Haerul, berdasarkan potret lembaganya disebutkan bahwa sebesar 83,75% masyarakat menyatakan sangat puas terhadap kinerja Adnan. Selain itu, 80,68% masyarakat menilai pemerintahan Adnan sangat berhasil.

Hasil tersebut, lanjut Haerul, berdasarkan survei yang dilakukan di Kabupaten Gowa pada 14-19 Oktober 2019 dengan total 880 responden yang tersebar di seluruh kecamatan dengan perbandingan karakteristik demografis dan geografis proporsional.

“Wawancara yang kami lakukan pada responden secara tatap muka. Multistage sampling dipilih sebagai metode survei dengan selang kepercayaan 95% dan marging of error 3,37%,” jelasnya.

Lebih jauh, Haerul menyatakan bahwa masyarakat juga puas dengan keberhasilan Adnan sebagai incumbet dalam mengatasi berbagai masalah hukum yang muncul di lingkungan Kabupaten Gowa. Tingkat kepuasan tertinggi yang diberikan masyarakat yaitu keberhasil dalam penanganan masalah keamanan, pelayanan pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

Persentase kepuasan masyarakat dalam tiga aspek dimaksud, yakni; 87,85%, 86,47%, 80,34%. Selain itu, LSI juga memotret kepuasan masyarakat dalam penanganan masalah administrasi publik, penegakan hukum, pelayanan air bersih, pelayanan fasilitas kebersihan, dan perbaikan tata kota dan penerangan jalan. Persentasenya masing-masing di atas 60%.

“Tingkat kepuasan dan keberhasilan kinerja yang sangat tinggi menjadikan Adnan tetap sebagai sosok yang sangat kuat untuk dipilih kembali oleh masyarakat sebagai Bupati Kabupaten Gowa. Bahkan persentasenya mencapai 71,82%,” katanya.

Tingkat kesukaan masyarakat terhadap Adnan, sambung Haerul, pun paling tinggi yakni mencapai 84,77%. Kemudian disusul Abdul Rauf Mallagani atau Karaeng Kio sebesar 58,86%, Amir Uskara 47,61%. Adapun calon kandidat lainnya masih berada di bawah 35%.

Terkait simulasi berpasangan, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mensurvei kemungkinan dua hingga empat pasangan calon. Pada simulasi empat pasangan calon, Adnan-Karaeng Kio memperoleh suara 69,32%. Sedangkan simulasi dua dan tiga pasangan calon, Adnan-Karaeng Kio memperoleh masing-masing 69,77% dan 72,61% suara.

Peneliti LSI lainnya, Fadh Pahdepie menilai kepemimpinan kaum muda merupakan tema sentral di Indoensia saat ini. Apalagi, Indonesia memang masuki era baru. Dimana anak muda menjadi tokoh sentral di posisi strategis pemerintahan.

Melihat hasil survei tentang kepemimpinan Adnan di Kabupaten Gowa, Fadh menyatakan, menjadi salah satu contoh anak muda yang berhasil memimpin masyarakt. “Fenomena yang terjadi di masyarakat Gowa, mereka (masyarakat) dipuaskan. Masyakarat merindukan pola kepemimpinan seperti ini,”jelasnya.