Sosialisasi Menuju Pilwalkot 2020, KPU Makassar Luncurkan Pemilih Berdaulat

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 23 September 2020 di Pasar Segar, jalan Pengayoman Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat malam, 8 November 2019.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 23 September 2020 di Pasar Segar, jalan Pengayoman Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat malam, 8 November 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 23 September 2020 di Pasar Segar, jalan Pengayoman Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat malam, 8 November 2019.

Peluncuran tersebut mengangkat tema ‘Pesta Kita Semua, Pemilih Berdaulat Negara Kuat’ yang dihadiri ratusan anak muda di tempat itu yang merupakan pusat kuliner dan tempat kumpul anak milenial.

Ketua KPU Makassar, Farid Wajdi menyampaikan kegiatan tersebut sebagai bagian awal sosialisasi menuju Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tahun 2020.

“Pilwali 2020 adalah pesta kita semua. Kami berharap nantinya KPU sebagai etalase dan kami akan terbuka bagi seluruh dengan membuka akses informasi seluas-luasnya bagi publik,” ujarn Farid.

Mantan staf lembaga Anti Corrupption Committee (ACC) Sulawesi itu mengungkapkan KPU Makassar akan berusaha mensukseskan Pilkada serentak Wali Kota Makassar nanti.

“Tidak ada informasi yang tidak bisa diakses di KPU, semua terbuka. Kami berharap pada 23 September 2020 bisa lebih sukses dan salah satu satu upayanya adalah meningkatnya partisipasi pemilih lebih dari Pemilu Pilpres dan Pileg yang lalu,” katanya bersemangat

Selain peluncurkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020, KPU Makassar juga sekaligus meluncurkan aplikasi E-Coklik dan maskot seta Jingle Pilwali Makassar.

“Aplikasi E-Coklik ini bertujuan untuk membantu atau mempermudah masyarakat dalam hal pemutakhiran data pemilih,” tuturnya.

Sementara Kepala sub Bagian SDM Organisasi Program dan Data KPU Sulsel Ismail Masse mengatakan, KPU Makassar sebagai penyelenggara pelaksana pertama peluncuran Pilkada serentak untuk Kota Makassar 2020.

“Kami berharap Makassar menjadi barometer dari pelaksanaan Pilkada serentak di Sulsel. Apresiasi juga diberikan kepada Pemerintah Kota Makassar yang mendukung penuh KPU, sehingga meringankan pelaksanaan pemilu wali kota,” ujarnya.

Sedangkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar Akhmad Namsum dalam sambutannya mewakili Pejabat (Pj) Wali Kota Makassar M Iqbal Suhaeb, memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan KPU dan Bawaslu Makassar. Kegiatan kepemiluan ini tentu menjadi perhatian dengan harapan peluncuran di pasar segar akan menjadi nuansa segar dalam mewujudkan demokrasi yang berpihak kepada rakyat,” paparnya.

Ia menambahkan, pesta demokrasi ini diserahkan kepada KPU dan Bawaslu bersama pemerintah akan bersama-sama menjalankan roda demokrasi sebagai bagian dari mencari dan melahirkan pemimpin yang baik.

Dipenghujung acara, band Pusakata tampil untuk menghibur pengunjung dipasar segar yang didominasi anak muda yang nantinya sebagai  bagian dari pemilih di Pilkada serentak 2020 di Makassar.