Ini Enam Calon Kepala Daerah Diprediksi Berpasangan di Pilkada 2020

Calon Inkumben Bupati Lutra, Indah Putri Indriani seusai menjalani tes wawancara di Golkar Sulsel, Rabu 6 November 2019.

Calon Inkumben Bupati Lutra, Indah Putri Indriani seusai menjalani tes wawancara di Golkar Sulsel, Rabu 6 November 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Tahapan pendaftaran bakal calon kepala daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang masih lama. Tapi sedikitnya ada enam calon kepala daerah yang akan maju di pemilihan tersebut diprediksi akan berpasangan.

Yaitu calon kepala daerah dari Kabupaten Selayar. Yakni calon inkumben Bupati Basli Ali-Syaiful Arif. Kemudian di Kabupaten Maros Wakil Bupati Harmil Mattotorang-Suhartina Bohari, di Kabupaten Bulukumba Askar-Makmur. Lalu di Kabupaten Barru Malkan Amin-Salahuddin Rum, Kabupaten Toraja Utara Yosia Rinto Kadang-Frederick Victor Palimbong, dan calon inkumben Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani-Suaib Mansyur.

Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang berharap koalisi Golkar dan NasDem dapat terwujud pada pemilihan kepala daerah Torut yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang. Alasannya, koalisi ini dapat menjadi kekuatan besar di daerah itu.

“Kalau koalisi Gollar-NasDem dapat terwujud, ini menjadi kekuatan besar,”ujar Yosia kepada awak media seusai menjalani tes wawancara di Golkar Sulawesi Selatan, Rabu, 6 November 2019.

Alasannya, kedua partai ini miliki jumlah kursi signifikan di DPRD Torut. NasDem memiliki 6 dan Golkar 5 kursi. “Anggota DPRD Torut dari NasDen yang terpilih kemarin sebanyak 60 ribu suara,”katanya.

Apalagi, dia sendiri memiliki basis massa yang cukup kuat di Kecamatan Toraja Utara. “Saya sisa mencari geopolitik di daerah lain,”katanya.

Terkait siapa calon dari Golkar yang diinginkan, Wakil Bupati Torut ini mengaku telah menjalin komunikasi dengan Ketua Golkar Torut, Frederick Victor Palimbong.

Senada, politisi Golkar Barru, Andi Salahuddin Rum tidak menampik kalau di Pilkada Barru yang digelar pada 2020 mendatang, dia menginginkan berpasangan dengan politisi NasDem, Malkan Amin.

“Saya merasa nyaman dengan pak Malkan. Makanya saya berpasangan sebagai calon wakil bupati,”katanya.

Adapun Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Luwu Utara, Suaib Mansyur mengakui telah melakukan komunikasi politik dengan calon inkumben Bupati Indah.

“Saya siap berpasangan dengan ibu Indah,”jelasnya.