Ismak Ajak Masyarakat Tegakkan Regulasi Tata Ruang Makassar

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Muhammad Ismak mengajak masyarakat Makassar untuk menegakkan tata ruang wilayah kota dalam membenahi kesemrawutan.

Bakal Calon Wali Kota Makassar, Muhammad Ismak mengajak masyarakat Makassar untuk menegakkan tata ruang wilayah kota dalam membenahi kesemrawutan.

MAKASSAR, DJOURNALIST com – Bakal Calon Wali Kota Makassar, Muhammad Ismak mengajak masyarakat Makassar untuk menegakkan tata ruang wilayah kota dalam membenahi kesemrawutan.

“Saya sih siap saja. Tapi yang harus diajak adalah masyarakat. Apakah mau ga?,”ujar Ismak dalam diskusi dengan tema bagaimana benahi Makassar dari kesemrawutan di Rumah Makan Kanrejawa, Senin, 4 November 2019.

Ia mengungkapkan, masyarakat memiliki peran yang sangat penting. Sebab sekali tidak berbuat maka Makassar akan punah. “Karena banyak yang mengatakan bahwa peradaban sudah hilang. Secara awam tata kota kita sudah tidak beraturan,’katanya.

Sementara itu, Ahli Perencanaan Indonesia Sulawesi Selatan dari Universitas Bosowa, Muhammad Muttaqin Azikin mengungkapkan, dari datacindeks khalayak hunian kota, Makassar salah satu dari 26 kota menduduki peringkat paling rendah.

“Survei 2011, 2014,dan 2017 trennya mengalami penurunan diatas rata-rata. Ironisnya lagi sangat terbalik dengan arah tentang Makassar menuju kota dunia,”ucapnya.

Siapapun Cawalkot terpilih kata dia, untuk tetap mengerucut RPJP dan RPJMD agar tidak terjadi ketimpangan tata ruang kota Makassar.

Adapun Ahli Tim Peraturan Nasional, Marwan Massinai menambahkan, regulasi tata ruang sudah perlu ditegakkan. Agar kesemrawutan di kita ini dapat tertata dengan baik. (**)