Awal Oktober PKB Sulsel Buka Pendaftaran Pilkada 2020

Tim desk pilkada PKB Sulsel saat menggelar jumpa pers terkait Pilkada 2020 di Sulsel.

Tim desk pilkada PKB Sulsel saat menggelar jumpa pers terkait Pilkada 2020 di Sulsel.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Seperti partai politik lain, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di 12 Kabupaten/Kota yang menggelar pemilihan pada 23 September 2020 mendatang.

“Rencananya awal Oktober kami buka secara serentak,”ujar Ketua Tim Desk Pilkada Provinsi PKB Sulawesi Selatan, Wahyuddin Kessa, Jumat 27 September 2019.

Pendaftaran itu kata dia, dibuka di Sekretariat DPC PKB di Kabupaten/kota yang menggelar pemilihan. Batas waktunya hingga akhir Oktober. Kemudian penetuan calon yang akan diusung akan diketahui pada bulan Desember.

“Bagi kandidat yang ingin maju harus mendapat rekomendasi lebih dulu dari NU,”katanya.

Dia meyakini meski PKB dibeberapa daerah memperoleh kursi minim di legislatif. Tetapi partainya bakal diminita sejumlah kandidat. “Sebut saja di Kota Makassar kami hanya meraih satu kursi tapi pasti banyak kandidat yang melirik partai kami,”jelasnya.

Bahkan partainya pun memproritaskan kader di pemilihan ini untuk diusung karena memiliki kursi yang cukup untuk mengusung sendiri. Seperti di Kabupaten Barru memperoleh 5 kursi. “Lalu Maros, Gowa, Bulukumba masing-masing meraih 4 kursi. Selanjutnya Lutra 2 kursi, dan Makassar, Selayar, dan Soppeng masing-masing 1 kursi di DPRD setempat,”tutur Wahyuddin.