Dipecat PDIP Novianus Tetap Hadir Dalam Gladi Bersih Pelantikan Dewan Sulsel Terpilih

Novianus YL Patanduk.

Novianus YL Patanduk.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Anggota DPRD Sulawesi Selatan periode 2019-2024 Novianus YL.Patanduk terlihat hadir dalam kegiatan gladi bersih yang dilakukan Sekretaris DPRD Sulawesi Selatan di ruang paripurna DPRD, Ahad 22 September 2019. Padahal dia sudah dipecat sebagai kader di PDIP Sulawesi Selatan.

“Saya datang ketempat ini karena memenuhi undangan dari sekwan. Saya pun berharap bu Megawati (ketua umum) dan pak Andi Ridwan Witri (Ketu PDIP Sulsel) menyikapi pemecatan saya,”ujar Novianus kepada awak media.

Sejauh ini kata dia, belum menempuh jalur hukum. Tapi mengedepankan komunikasi persuasif kepada partai. Sekiranya dipertimbangkan pemecatan terhadap dirinya.

Tapi ia tidak menampik bahwa pemecatan itu terjadi akibat belum membayar dana saksi atau dana gotong royong yang totalnya Rp 20 juta. “Uang yang terkumpul baru Rp 8 juta. Pasca pemilihan baru bisa saya bayar. Tapi waktunya sudah lewat,”katanya.

Bahkan ia membantah kalau dirinya disebut-sebut tak membayar uang gotong royong itu karena ingin menunggu kepastian dirinya terpilih. “Itu tidak benar data C1 saja baru saya akses seminggu setelah pemilihan berakhir,”jelasnya.

Sekretaris DPRD Sulawesi Selatan, Muhammad Jabir mengungkapkan, pihaknya tetap mengundang Novianus dalam gladi ini karena 85 anggota dewan terpilih belum memiliki SK. Termasuk Novianus.

“Kalaupun akhirnya ada anggota dewan terpilih terganti namanya berdasarkan SK dari Kemendagri tentu Novianus tidak akan dilantik. Tapi sejauh ini kami menghormati hasil pleno dari KPU Sulsel. Dimana Novianus sebagai anggota dewan terpilih,”katanya.

Diketahui, PDIP Sulawesi Selatan telah mengusulkan Risfayanti Muin sebagai pengganti Novianus yang maju di Daerah Pemilihan (Dapil) II Sulsel meliputi Kecamatan Panakkukang, Manggala, Tamalate, dan Biringkanayya. Dengan meraih 4.305 suara.