Jelang Pilwalkot Makassar 2020, KPU Lakukan Evaluasi PPK dan Relawan Demokrasi

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – KPU Makassar melakukan evaluasi tahapan teknis penyelenggaraan pemilu 2019 dalam menghadapi Pilwalkot Makassar yang bakal digelar pada 23 September 2020 mendatang.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, KPU Makassar, Endang Sari mengatakan kegiatan ini diikuti oleh relawan demokrasi serta PPK tingkat kota Makassar dari 15 kecamatan.

Tujuanya adalah untuk membahas kelemahan dan kekurangan tahapan pemilu 17 April lalu. Oleh karena itu, apa yang menjadi saran dan masukan bisa ditingkatkan pada pemilu 2020 mendatang.

“Ini evaluasi tekhnik penyelenggaraan pemilu 2019. Forum dibuat untuk mendengarkan apa menjadi harapan dan masukan dari teman-teman penyelenggara di kecamatan. PPK, dan relawan demokrasi dan operator,” ujar Endang, Kamis, 12 September 2019.

Menurut akademisi Unhas itu, KPU Makassar sebagai penyelenggara akan terus melakukan pembenahan agar kualitas demokrasi lebih baik dari pemilu sebelumnya.

Dijelaskan, saat ini banyak hal perlu dibenahi. Mengingat pilwalkot Makassar kian dekat, maka tahapan demi tahapan terus dilakukan agar pilkada 2020 berjalan efektif dan efesien.

“Kami dengarkan langsung keluhan. Apa masukan dan harapan masyarakat. Ada beberapa hal yakni permintaaan perekrutan adhock prifesional. Soal logistik dan kinerja sekretariat serta lainya. Masukan juga soal sosialisasi relawan demokrasi kaitan di lapangan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Endang Sari berharap agar forum evaluasi akan menjadi wadah perbaikan untuk.penyelenggara sendiri demi mewujudkan pemilu dan pilkada yang berkualitas dimasa depan.

“Harapn kami evaluasi dan sinergitas selalu melakukan perbaikan. Kami juga menerima kritikan dan saran semua pihak, karena untuk kebaikan bersama,”jelasnya.