Dianggap Pernah Berkhianat, Demokrat Sulsel Tak Akan Usung Tiga Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020

Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Partai Demokrat Sulawesi Selatan mengisyaratkan tak akan mengusung tiga calon kepala daerah maju di Pilkada 2020 mendatang. Karena dianggap berkhianat. Yaitu Victor Datuan Batara, Tomy Satria, dan Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto.

“Kecil kemungkinan untuk diusung lagi,”ujar Ketua Demokrat Sulawesi Selatan, Ni’matullah kepada awak media, Selasa, 3 September 2019.

Diketahui, pada Pilkada lalu Victor, Tomy, dan Danny merupakan usungan Demokrat. Bahkan Victor dan Tomy merupakan kader dari partai Demokrat. Tapi setelah terpilih mereka memilih pindah ke Partai Golkar dan NasDem. Sedangkan Danny, walau bukan merupakan kader Demokrat. Tapi dalam dua kali Pilwalkot Makassar dia diusung dan didukung oleh partai itu. Kemudian diakhir masa jabatan memilih bergabung ke Partai NasDem.

Tapi, Ulla-sapaan Ni’matullah mengatakan, peluang inkumben untuk maju kembali di Pilkada 2020 terpilih kembali cukup besar. “Status Inkumben memiliki modal 20 persen elektabilitasnya. Berat dilawan tapi tidak mustahil dikalahkan. Karena mereka sudah kampanye sejak dilantik,”katanya.

Dari 12 daerah yang menggelar pemilihan pada 23 September 2020 yaitu Kabupaten Pangkep, Barru, Gowa, Maros, Soppeng, Luwu Timur, Luwu Utara, Bulukumba, Tana Toraja, dan Selayar, Makassar, dan Toraja Utara.

“Yang berat dilawan diantaranya adalah Selayar, Barru, dan Gowa. Karena berstatus Inkumben. Kalau Makassar dan Bulukumba relatif terbuka,”ucapnya.