Desember, Demokrat Sulsel Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah

Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

Ketua Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Partai Demokrat Sulawesi Selatan bakal membuka pendaftaran pemilihan kepala daerah pada bulan Desember tahun ini. Setelah tahapan Pilkada mulai berjalan pada tahun 2020 mendatang.

“Kemungkinan bulan Desember baru kami buka proses penjaringan calon kepala daerah,”ujar Ketua Demokrat Sulawesi Selatan, Ni’matullah kepada awak media, Selasa, 3 September 2019.

Ulla mengungkapkan, oroses penjaringan bagi bakal calon kepala daerah tetap mengacu pada peraturan organisasi. Yaitu untuk pemilihan bupati dan wali kota tetap dilakukan oleh Dewan Pengurus Cabang (DPC) dan ditentukan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD). Sedangkan untuk pemilihan gubernur dilakukan oleh DPD dan ditentukan oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP).

“Kalau ada calon kepala daerah yang mencoba langsung ke DPP. Saya tegaskan, saya akan lawan,”katanya.

Pasalnya, kata Ulla, partainya punya mekanisme. Dimana fit and proper test dilakukan secara berjenjang. Sehingga tidak ada ruang bagi calon kepala daerah yang langsung mendaftar ke pusat.

“Sejauh ini DPP cukup percaya dengan kami di DPD. Apalagi di Pilkada 2018 lalu kami hanya kalah di Pilkada Sinjai dan Jeneponto dari 11 pilkada serentak saat itu,”jelas Wakil Ketua DPRD Sulsel ini.