Jumat Besok, Nama-nama Calon Sekretaris dan Pengawas KPUD Dikirim ke Pusat

KPU Sulsel melakukan seleksi terhadap calon sekretaris dan pengawas KPUD jelang Pilkada 2020.

KPU Sulsel melakukan seleksi terhadap calon sekretaris dan pengawas KPUD jelang Pilkada 2020.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  KPU Sulawesi Selatan menjadwalkan mengirim nama-nama  calon sekretaris dan pengawas KPUD ke KPU Pusat pada Jumat besok, 30 Agustus. Setelah menjalani fit and proper test yang dilakukan oleh KPU Sulawesi Selatan sejak Selasa 27 Agustus hingga Kamis 29 Agustus 2019.

“Minggu depan rencana terakhir dikirim ke KPU pusat. Tepat tanggal 30 Agusstus,”ujar Kepala Bagian Data, Program, Organisasi, dan SDM KPU Sulsel, Ismail Masse, Kamis 29 Agustus 2019.

Lanjut Ismail, atas instrusi Sekjen KPU RI, pihak KPU Sulsel melakukan pendaftaran untuk seleksi dan kini masuk tahapan wawancara jabatan administrator dan jabatan pengawas di lingkup Sekretariat KPU Kabupaten Kota di Sulsel.

“Ini istilanya lelang terbatas, hanya khusus pegawai Sekretsriat organik atau pegawai pemda yang alih status. Setiap daerah pendaftaran tanggal 2-19 juli 2019. Total 52 orang. Secara estimasi esalon IV sama dengan 40 eselon dan esalon III sebanyak  12 orang,” katanya.

Sebagai penyelenggara kegiatan, Ismail menjelaskan penjaringan atau seleksi asesment wawancara merupakan salah satu persyaratan untuk merekrut mengisi jabatan yang kosong yang sementara ini ada beberapa Sekretariat KPUD yang dijabat oleh pelaksana harian.

“Sekjen KPU RI memberi surat tugas dari ke sekretaris KPU Provinsi Sulawesi Selatan untuk jalankan ini. Karena ada juga yang diisi oleh pelaksana tugas atau harian. Maka dilakukan seleksi untuk devinitifkan,”ucapnya.

Menurutnya, ada beberapa kabupatem Kota yang dilakukan seleksi seperti ini untuk pengisian jabatan  di eselon IV kasubag di beberapa KPU Kabupaten Kota dan juga beberapa jabatan eselon III yaitu di sekretaris KPU Kabupaten kota.

Hal ini lanjut dia, guna untuk.mensuksesi pilkada 2020 karena tugas Sekretsris harus devinitifkan agar menjalankan tugas sesuai harapan bersama.

“Nah kita beberapa KPU Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2020 seperti itu daerahnya mejalankan tugas dengan baik ke depan,” tuturnya.

Ismail menjelaskan, untuk eselon IV itu ada 10 kabupaten kota dan untuk eselon III sekretaris KPU Kabupaten kota itu ada 4  daerah.

Jabatan Kasubag eselon 4 di 10 KPU Kabupaten Kota antara lain. KPU Kota Makassar, KPU Kabupaten Gowa, KPU Kabupaten Bantaeng, KPU kota Parepare, KPU Kabupaten Tana Toraja, KPU Kabupaten Wajo, KPU Kabupaten Luwu Utara, KPU Kabupaten Selayar.

“Sedangkan hari ini kita laksanakan adalah fit and proper test untuk mengisi posisi eselon 3 itu di sekretaris KPU Kabupaten Maros, KPU Kabupaten Gowa, KPU Kabupaten Jeneponto dan KPU Kabupaten Tana Toraja,”ucapnya.