Onasis-Deng Ical Punya Kans Kuat Jika Berpasangan di Pilkada

Jhon Hardiansyah bersama Syamsu Rizal.

Jhon Hardiansyah bersama Syamsu Rizal.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Perebutan kursi pucuk pimpinan di Kota Makassar melalui Pilkada serentak 2020 mendatang makin tak terbendung.

Simulasi paket bakal calon walikota dan wakil walikota mulai diperbincang. Tidak hanya di media sosial dibahas tetapi wacana simulasi ini juga dibicarakan di ruang-ruang publik oleh politisi hingga masyarakay umum.

Tak terkecuali para loyalis sejumlah figur yang dianggap memiliki massa militan ikut mendiskusikan hal itu.

Misalnya saja Jhon Hardiansyah. Pengikut setia mantan Walikota Makassar dua periode Ilham Arief Sirajuddin menyarankan agar figur seperti Syamsu Rizal berpaket dengan pendatang baru di kancah politik Taufiqqulhidayat Ande Latif alias Dokter Onasis maju di Pilwali Makassar tahun depan.

Menurutnya figur Onasis sangat ideal berpasangan dengan Daeng Ical. Meski Onasis merupakan pendatang baru di Pilwalkot, putra pemilik perusahaan Travel Haji dan Umroh terbesar di Sulsel era tahun 2000- an Abd Ande Latif itu memiliki massa militan dan gerbong tersendiri.

“Dokter Onasis itu punya gerbong sendiri tak beririsan dengan gerbong yang dimiliki Daeng Ical saat ini,” kata Jhon, Ahad 4 Agustus 2019.

Kata Jhon yang juga berprofesi sebagai pengacara itu menyebut dokter spesialis radiologi itu tak hanya dikenal memiliki jaringan keluarga yang besar di kota Makasssar, tapi juga orang tuanya Ande A Latif dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi kepada warga.

“Pak Dokter itu sangat besar jaringan keluarganya baik itu dari Jeneponto maupum dari Enrekang. Tak hanya jaringan sejawatnya Dokter, Dokter Onasis ini juga punya kelompok Jamaah. Jadi Dokter Onasis ini patut diperhitungkan sebagai figur baru yang punya peluang besar memimpin kota Makassar,” jelas Jhon.

Hanya saja menurut Dia tergantung komunikasi politik yang dibangun diantara kedua seperti apa nantinya.

“Bagi saya, Deng Ical perlu dan harus mempertimbangkan sosok Dokter Onasis sebagai pasangannya,” imbuh Jhon.

Sebelumnya Dokter Onasis dan Deng Ical sudah beberapa kali bertemu dan membangun komunikasi politik, hanya saja sejauh ini semua masih sangat dinamis untuk menjatuhkan siapa pasangan mereka nanti di Pilkada.

Sekedar diketahui, Dokter Onasis tak hanya berprofesi sebagai Dokter, tapi juga Akademisi dengan mengajar di sejumlah perguruan tinggi ilmu kedokteran di Makassar.

Dalam dunia bisnis anak dari Bos Travel tiga utama itu juga sangat berpengalaman.

Bisnisnya tak hanya bergerak dibidang kesehatan, tapi juga pernah melakoni bisnis agen Koran, Majalah, Gula Pasir, Terigu, Beras dan Bahan Bakar Minyak, Onasis pernah mendirikan SPBU di Parepare.

Bahkan ia juga pernah memimpin partai politik di Sulsel di era tahun 2004 yakni Partai Bintang Reformasi.(***)