Samuel Lande dan Kalatiku Paembonan Berebut Kursi Ketua DPC PDI-P Torut

Calon Ketua DPC PDI-P Torut Samuel Lande (kanan) dan Kalatiku Paembonan (kiri) dalam Konfercab yang digelar Jumat 19 Juli 2019 di Hotel Claro.

Calon Ketua DPC PDI-P Torut Samuel Lande (kanan) dan Kalatiku Paembonan (kiri) dalam Konfercab yang digelar Jumat 19 Juli 2019 di Hotel Claro.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Dua kader PDI-P Toraja Utara berebut posisi calon DPC PDI-P periode 2019-2024 dalam Konferensi Cabang dan Konferensi Daerah yang digelar, Jumat besok 19 Juli 2019 di Hotel Claro, Jalan A.P. Pettarani. Yaitu calon inkumben Samuel Lande dan Kalatiku Paembonan.

Saat ini Samuel menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara. Sedangkan Kalatiku menjabat Bupati.

Ketua DPC PDI-P Toraja Utara, Samuel Lande mengatakan, tidak mempersoalkan bila dirinya tidak lagi terpilih sebagai ketua. Ia mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada putusan partai

“Sebagai kader yang militan dan taat azas, saya tunduk kepada apapun Keputusan DPP Partai,”ujar Samuel melalui pesan whatsApp, Kamis malam 18 Juli 2019.

Adapun Kalatiku dikonfirmasi, hingga berita ini diturunkan tidak berhasil. Pesan singkat yang diberikan tidak direspon.

Sebelumnya, Sekretaris DPD PDI-P Sulawesi Selatan, Rudy Pieter Goni (RPG) menuturkan, dari 24 kabupaten/kota ada beberapa daerah yang alot pembahasan calon ketua nya. Alasannya daerah itu merupakan basis partai, perolehan kursi partai mengalami penurunan suara pada Pileg 17 April lalu, dan daerah yang menggelar pemilihan serentak di 12 kabupaten/kota.

RPG menambahkan, untuk daerah yang merupakan basis partai mencakup Kota Makassar, Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, dan Soppeng.

“Ini alot pembahasan calon ketua DPC nya karena ada unsur pimpinan DPRD,”tutur RPG, Rabu 17 Juli 2019..

Misalnya di Makassar, ada nama Bahar Mahmud, Raisul Jais, Mesakh Raymond, dan Andi Suhada. Sedangkan di Kabupaten Toraja Utara ada dua nama yaitu Samuel Lande dan Kalatiku Paembonan.

Sementara yang mengalami penurunan suara, yaitu terdapat di Kabupaten Gowa, Wajo, Luwu Utara, dan Maros.

Adapun 12 daerah yang menggelar pemilihan pada 23 September 2020 di Sulawesi Selatan yakni Kabupaten Barru, Bulukumba, Gowa, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, dan Pangkep. Kemudian Kabupaten Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kota Makassar.