46 TPS di Sulsel Bakal Gelar Pemungutan Suara Ulang

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan, Saiful Jihad.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan merilis 46 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 12 daerah di Sulawesi Selatan bakal menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Yaitu daerah Kabupaten Bone (6), Pangkep (2), Takalar (9), Jeneponto (1), Gowa (2), Luwu Timur (1), Barru (4), Maros (1), , Tora Utara (1), Kota Parepare (3), Palopo (5), dan Makassar (11) TPS.

Komisioner Bawaslu Sulawesi Selatan,Saiful Jihad mengatakan, rekomendasi PSU dilakukan karena adanya pemilih yang tidak terdaftar di DPT atau DPTb dan tidak memiliki e-KTP setempat atau memiliki suket setelah perekaman sesuai domisili TPS.

“Karena mereka tidak ber e-KTP setempat, maka semwstinya dia tidak bisa memilih sebagai DPK ataupun DPTb. Dengan demikian, Surat suara yang digunakan, tidak sah. Sehingga direkomendasikan untuk PSU,”ujar Saiful kepada awak media, Sabtu 20 April 2019 malam.

Saiful menambahkan, hingga saat ini baru data ini yang masuk. Rekomendasi PSU akan dikeluarkan oleh kecamatan, setelah melakukan kajian atas laporan hasil penelitian, pemeriksaan, dan pengawasan pengawas TPS.