KPU Sulsel Imbau Caleg Tak Usah Saling Klaim Kemenangan, Ini Sebabnya

KPU Sulsel menggelar jumpa pers pasca pencoblosan pemilu 2019.

KPU Sulsel menggelar jumpa pers pasca pencoblosan pemilu 2019.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Tahapan perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 masih berlangsung di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Meski demikian, sejumlah calon legislatif (Caleg) mulai mengumumkan jika dirinya lolos dan mendapatkan kursi di DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Apalagi dalam beberapa hari terakhir ini, muncul pesan berantai tentang nama-nama caleg yang lolos ke DPRD Provinsi maupun kabupaten/kota di Sulsel.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi selatan (Sulsel), Misna M Attas mengaku tidak mempermasalahkan jika ada caleg yang mengklaim dirinya menang dan mendapatkan kursi di DPRD. Meski demikian, Misna megingatkan sampai saat ini KPU masih melakukan tahapan rekapitulasi suara di tingkat PPK.

” Mungkin saja peserta pemilu atau caleg itu mengumpulkan data dari tiap TPS (Tempat Pemungutan Suara). Tapi perlu diingatkan KPU melakukan rekapitulasi secara berjenjang,” tegasnya saat jumpa pers di kantor KPU Sulsel Jalan AP Pettarani Makassar, Jumat (19/4/2019).

Nantinya, imbuh dia, hasil rekapitulasi berjenjang suara Pemilihan Legislatif (Pileg) akan menjadi acuan KPU untuk menetapkan besaran kursi yang diperoleh partai politik dan juga nama-nama caleg.