KPU Makassar Akui Data C1 Belum Muncul di Situng KPU RI, Ini Penyebabnya

Suasana penghitungan suara pemilu 2019 di KPU Makassar.

Suasana penghitungan suara pemilu 2019 di KPU Makassar.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Sejumlah Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan input data Form C1 Pemilihan Umum (Pemilu) di Sistem Informasi Perhitungan (SITUNG) di Laman resmi KPU RI. Meski demikian, data C1 Pemilu dari KPU Makassar belum terlihat di Situng.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan ada sedikit persoalan teknis, sehingga pengimputan data C1 ke SITUNG tidak terlihat di lama resmi KPU RI.

“Kendala teknis bukan di KPU Makassar, tapi di KPU RI. Setiap kami akan entry (data C1), tetapi di KPU RI ter-reset terus,” ujar Gunawan, Jumat 19 April 2019.

Meski ada kendala teknis, kata dia, KPU Makassar masih terus melakukan pengimputan data C1.  “Tapi pengentrian itu jalan. Jadi kalau sudah benar teknisnya, maka langsung naik drastis datanya. Karena pengentrian jalan terus sejak tanggal 18 (April) kemari,” tegasnya.

Ia menjelaskan saat ini, KPU Makassar sudah mendapatkan 80 persen data C1 dan yang sudah di input di SITUNG KPU RI sudah mencapai 30-40 persen.

Sementara itu, Ketua KPU Sulsel Misna M Attas membenarkan ada masalah teknis yang dialami KPU Makassar sehingga data C1 di Makassar belum muncul di SITUNG KPU RI. Ia pun menegaskan KPU kabupaten/kota diberikan waktu hingga 5 hari untuk merampungkan input data C1 di SITUNG KPU RI.

“Target 5 hari untuk memunculkan hasil dari TPS masing-masing,”jelasnya.