Masa Tenang, Bawaslu Makassar Gelar Penertiban APK di 15 Kecamatan

Komisioner Bawaslu Makassar, Zulfikarnain.

Komisioner Bawaslu Makassar, Zulfikarnain.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar mulai melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2019. Setelah masa kampanye telah berakhir hari ini, Ahad 14 April 2019 pukul 00.59 WITA.

Komisioner Bawaslu Makassar, Zulkarnain mengatakan, penertiban APK secara keseluruhan di 15 kecamatan di kota ini mulai dilakukan setelah pihaknya menggelar apel siaga dilapangan karebosi pada pukul 07.00 WITA. Apel siaga itu melibatkan 3.998 pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS), 45 Panwaslu Kecamatan, dan 153 Panwaslu Kelurahan. Serta melibatkan pihak Pemerintah Kota Makassar.

“Tapi secara simbolis kami sudah lakukan penertiban APK pada pukul 22.OO WITA di empat ruas jalan di Makassar,”ujar Zulfikarnain kepada awak media di
Hotel D’Green Jalan Hertasning Makassar, Sabtu 13 Aprik 2019 malam.

Empat ruas jalan itu yakni Ahmad Yani, Haji Bau, Sudirman, dan Penghibur. “Kami libatkan dinas lingkungan hidup, satpol PP, dan sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan KPU Makassar,”katanya.

Di masa tenang ini, Bawaslu Makassar akan memastikan tidak ada lagi APK yang terpasang diruas jalan hingga lorong-lorong yang ada di 15 kecamatan di Makassar.

Adapun Komisioner Bawaslu Makassar lainnya, Sri Wahyu Ningsih berharap di masa tenang pemilu yang dimulai tanggal 14 hingga 16 April tak ada lagi kampanye. Baik berupa pembagian stiker peserta pemilu ataupun APK dalam bentuk lain.

“Kami pun tak lupa mengajak partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan di masa tenang ini,”ucapnya.