Tamsil Linrung Perkasa di Kursi Senator

Calon anggota DPD RI, Tamsil Linrung

Calon anggota DPD RI, Tamsil Linrung.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Calon Senator DPD RI, Tamsil Linrung menempati urutan pertama dalam survei terbaru Indeks Politica Indonesia (IPI). Elektabilitas Tamsil jauh meninggalkan rival-rivalnya.

“Elektabilitas Tamsil Linrung mencapai 18,4%, disusul Moh Roem dan Iqbal Parewangi sama-sama diangka 8,2%, dan peringkat keempat ditempati Andi Muh Ihsan dengan elektabilitas 7,5%,” kata Direktur Eksekutif IPI Suwadi Idris Amir, Sabtu 13 April 2019.

Dia melanjutkan, peringkat kelima ditempati Sindawa Tarang (5,9%), Syaiful Saleh (3,9%), Ajiep Padindang (3,7%), dan Abd Rahim Sanjata (3,6%). “Sementara calon lain yang tidak saya sebutkan namanya memiliki elektabilitas dibawah 2%,” tambah Suwadi.

Meski begitu, masih banyak harapan bagi para calon senator untuk bersaing. Pasalnya jumlah undecided voters masih cukup tinggi yakni 26,1%.

Survei ini dilakukan pada 1-5 April 2019 dengan jumlah sampel 2440 responden yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan secara proporsional berdasarkan jumlah DPT masing-masing kabupaten/kota.

IPI menggunakan metodologi multistage random sampling (acak berjenjang) dengan penerapan quality control sebesar 20% dari total sampel.

“Margin of error sebesar +/- 2,64% Pada tingkat akurasi 95%,” jelas Suwadi saat diwawancarai wartawan di Warkop Dg Sija, Mall Panakkukang.