Berbasis Web dan Android, Gerindra Sulsel Siapkan Dua Saksi di TPS untuk Pemilu 2019

Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani.

Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Partai Gerindra baru akan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) saksi untuk pemilu 2019 pada bulan Maret mendatang. Saksi yang akan dipersiapkan sebanyak dua saksi di tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilu yang digelar 17 April 2019 mendatang.

Kedua saksi itu yakni saksi untuk pemilihan legislatif dan presiden. “Kami rancang dua saksi per TPS,”ujar Ketua Gerindra Sulawesi Selatan, Idris Manggabarani ketika dihubungi Djournalist.com, Ahad 17 Februari 2019.

Saat ini kata dia, seluruh pengurus tingkat kecamatan diintruksikan melakukan seleksi. Selanjutnya nama-nama saksi tersebut diserahkan ke pengurus daerah untuk mengikuti bimtek.

“Yang latih mereka berasal dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan Badan Pemenangan Daerah (BPD),”tutur Idris Manggabarani.

Idris menambahkan, saksi yang akan dilatih nantinya berbasis web dan android. Sehingga tidak lagi melakukan penghitungan suara secara manual. Tapi berbentuk aplikasi yang langsung berada di TPS.

“Kalau KPU hanya isyaratkan satu orang saksi tiap TPS, ya nda apa-apa. Kan saksi kami bisa bergantian bertugas,”ucapnya.

Diketahui, jumlah TPS pemilu 2019 di Sulawesi Selatan sebanyak 26.132 TPS. (***)