91 Ribu Pemilih Pemula di Makassar, KPU Gerilya Goes to School

KPU Makassar saat memberikan edukasi kepada pemilih pemula di SMA 14 Makassar jelang pemilu 17 April 2019 mendatang.

KPU Makassar saat memberikan edukasi kepada pemilih pemula di SMA 14 Makassar jelang pemilu 17 April 2019 mendatang.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Makassar, mengajak para siswa berperan aktif dalam pemilu yang digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang. Agar bisa mewarnai dan mengambil peran dalam proses demokrasi di negara ini khususnya cerdas dalam memilih wakil dan pemimpin berdasarkan visi/misi dan integritas calon tersebut.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengatakan pendidikan pemilih dan sosialisasi pemilu oleh KPU Makassar gencar diarahkan pada kalangan pemilih pemula karena jumlah di DPT yang sangat banyak. Untuk Makassar sendiri, jumlah pemilih dengan usia di bawah 20 tahun mencapai 91.728 dengan rincian 47.024 laki-laki dan 44.704.

“Inilah alasan kami Goes to School karena pemilih pemula di Makassar capai 91 ribu orang,”ujar Endang, Selasa 5 Februari 2019.

Seperti yang dilakukan pada Senin 4 Februari kemarin di SMA 14 dengan tema ” Suara Anak Muda, Suara Masa Depan Bangsa”,. Sekolah ini kata dia adalah
sekolah kedua yang dikunjungi, setelah sebelumnya, KPU Makassar juga telah menyelenggarakan hal serupa di SMAN 5.
.
Endang menjelaskan, sosialisasi dan pendidikan politik kepada pemilih pemula sangatlah penting, karena mereka adalah anak kandung media sosial yang sangat rentan terhadap pengaruh-pengaruh informasi hoaks yang banyak beredar.

“Sehingga bisa saja mengakibatkan mereka menjadi apatis dan pragmatis terhadap pemilu,”katanya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, oleh sebab itu pemilih pemula harus memperoleh prioritas untuk diedukasi. Mereka perlu mendapatkan pendidikan politik agar bisa mewarnai dan mengambil peran dalam proses demokrasi di negara ini khususnya cerdas dalam memilih wakil dan pemimpin berdasarkan visi/misi dan integritas calon tersebut.