IPI Sebut PDIP Berpotensi Geser PAN di Kursi Pimpinan DPRD Sulsel Pada Pemilu 2019

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir.

Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir memaparkan hasil surveinya pada bulan November dimana ada lima partai yang berpotensi meraih kursi pimpinan di DPRD Sulawesi Selatan pada pemilu 2019. Yaitu Partai Golkar, Gerindra, PDIP, Demokrat, dan NasDem Sulawesi Selatan.

“Hasil survei terkini kami. Lima partai ini yang berpotensi raih kursi di unsur pimpinan,”ujar Suwadi, Ahad 2 Desember 2018.

Yang menarik kata dia, PDIP mampu menggeser PAN di tapuk pimpinan di DPRD Sulawesi Selatan. Itu disebabkan partai lain menonjol peningkatannya. Misalnya PDIP ada efek Jokowi begitupun dengan Gerindra ada efek Prabowo Subianto.

“Partai ini diuntungkan jaringan pilpres,”ucapnya.

Sedangkan Partai Golkar, Sulawesi Selatan masih merupakan basis partai ini. Sementara NasDem memiliki bakal calon legislatif mumpuni. Baik yang maju di DPRD Sulsel maupun di DPR RI.

“Dengan begitu mereka saling menguntungkan,”katanya.

Adapun partai-partai islam, lanjut Suwadi sampai saat ini berada di urutan ke 6 dan 7. Seperti PAN dan PPP. Mengapa? Karena posisi partai Islam sedikit terganggu dengan adanya PKB. Dimana PKB diuntungkan jaringan nasional. (**)