Ini Harapan Partai Pengusung di Sulsel Tentang Jokowi Nomor Urut 01 dan Prabowo 02 di Pilpres

ilustrasi.

ilustrasi.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com  –  Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin mendapat nomor urut 01 dan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat nomor urut 02 sebagai peserta Pemilu Presiden 2019. Hal itu berdasarkan hasil pengundian nomor urut calon presiden-calon wakil presiden yang dilakukan di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat malam 21 September 2018.

Sekretaris PDI-P Sulawesi Selatan, Rudy Pieter Goni (RPG) mengatakan, sebagai partai pengusung pasangan Jokowi-Ma’ruf makna nomor urut menjadi tanda bahwa Jokowi adalah yang terbaik. Angka satu menunjukkan satu periode lagi.

“Kami sangat bersyukur tentunya, saatnya kerja dan kerja untuk satu periode lagi. Dan kami yakin pemenangnya hanya satu dan itu adalah nomor urut 01,”ujar RPG ketika dihubungi.

Sementara bagi Partai Gerindra, nomor urut 02 bagi pasangan Prabowo-Sandi merupakan sebuah angka kemenangan, perdamaian, dan kesejahteraan. Mengapa? karena angka dua sama dengan nomor urut partai gerindra.

“Nomor urut 02 memang harapan kami untuk pasangan ini. Sesuai dengan nomor partai kami. Sehingga mudah disosialisasikan,”katanya.

KPU menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut capres-cawapres dalam Pilpres 2019.

Nomor urut tersebut akan dipakai masing-masing kubu selama kampanye hingga hari pemungutan suara pada 17 April 2019. Acara pengundian nomor urut tersebut dipimpin Ketua KPU Arief Budiman yang didampingi komisioner KPU lain.

Turut hadir komisioner Bawaslu, jajaran Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, perwakilan Komisi II DPR, para pejabat negara, hingga masyarakat sipil pemantau pemilu. Dalam acara ini, kedua pasangan capres-cawapres didampingi para ketua umum dan elite parpol pengusung dan pendukung.

Bakal calon presiden nomor urut 01, Jokowi mengajak para calon dapat memberikan pendidikan politik yang baik ke masyarakat. Seperti beradu program,ide, dan prestasi. Jangan saling memfitnah dan saling mencemooh.

“Memang nomor 01 selalu diperebutkan dalam RI 1. Tapi saya berharap para konstestan dapat memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat,”katanya.

Adapun bakal calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyerukan agar rakyat Indonesia dapat melaksanakan pemilu yang sejuk dan damai. Bukan mencari kesalahan dan kekurangan masing-masing.

“Bersikap tenang, tidak emosional. Menahan diri. Menjalankan pemilu dengan baik. Demi kepentingan negara dan rakyat,”jelas Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani.