Calon Anggota DPD RI Dilarang Masuk dalam Struktur Kampanye Pilpres

Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir (Foto/ardi djournalist.com).

Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir (Foto/ardi djournalist.com).

MAKASSAR, DJOURNALIST.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi selatan (Sulsel) telah membuka pendaftaran tim kampanye calon Presiden dan calon wakil presiden (Cawapres).

Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir mengatakan KPU Sulsel akan membuka pendaftaran tim kampanye capres dan cawapres hingga tanggal 22 September 2018.”Kita buka untuk pendaftaran tim kampanye satu hari sebelum masa kampanye Pilpres, berarti tanggal 22,” ujar Faisal, Kamis malam 20 September 2018 di kantor KPU Sulsel jalan AP Pettarani Makassar.

Terkait syarat dan mekanisme pendaftaran tim kampanye, Faisal menjelaskan kepala daerah dilarang menjadi ketua tim Kampanye. Meski demikian, Kepala Daerah bisa masuk dalam struktur tim kampanye.

Selain Kepala Daerah, KPU Sulsel juga mengingatkan tidak bolehnya calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) atau senator masuk dalam struktur dalam tim kampanye.”Kita juga akan memeriksa calon anggota DPD RI yang masuk dalam tim kampanye pilpres. Ini karena calon DPD tidak boleh mengkampanyekan partai politik dan capres dan cawapres,” sebutnya.

Ia menegaskan, jika hasil pemeriksaan nantinya ditemukan ada anggota calon DPD RI masuk dalam struktur tim kampanye, maka akan langsung dikeluarkan.”Kalau ditemukan maka kami akan minta untuk dikeluarkan,”jelas Faisal.