20 Calon Anggota DPD RI Tak Lolos Verifikasi Faktual

Penyerahan dokumen calon anggota DPD RI yang memenuhi dan tidak memenuhi syarat oleh KPU Sulsel

Penyerahan dokumen calon anggota DPD RI yang memenuhi dan tidak memenuhi syarat oleh KPU Sulsel.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Kasubag Hukum KPU Sulawesi Selatan Julita Rahayu mengatakan ada 20 dari 23 calon anggota DPD RI tidak lolos dalam verifikasi faktual yang telah dilakukan oleh KPU pada tanggal 30 Mei hingga 19 Juni lalu.

“20 calon anggota DPD RI tidak memenuhi syarat verifikasi faktual,”ujar Julita ketika dihubungi Djournalist.com, Jumat 29 Juni 2018.

Menurutnya, ada beberapa faktor mengapa 20 calon anggota DPD RI ini tidak memenuhi syarat. Diantaranya ada data pendukung yang tidak sesuai dengan KTP, tidak menyatakan dukungan kepada calon itu, dan calon pendukung yang sulit ditemui.

Namun demikian,calon anggota DPD RI yang tidak memenuhi syarat itu masih diberi kesempatan untuk mendaftar pada tanggal 9 hingga 11 Juli bersamaan dengan pendaftaran calon anggota legislatif.

“Mereka tetap bisa mendaftar sebagai calon sambil melakukan perbaikan administrasi dari tanggal 21 hingga 24 Juli,”tutur Ayu.

Ketika ditanya siapa 23 calon angota DPD RI yang memenuhi syarat dan dan tidak memenuhi syarat, Ayu-sapaan Rahayu menolak membeberkannya.(**)