Ini Lembaga Survei Yang Akan Melakukan Hitungan Cepat di Pilgub Sulsel

Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya

Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel telah menetapkan 10 Lembaga Survei (LS) yang akan melakukan quick count atau hitung cepat dan exit poll pada pemungutan suara Pilgub Sulsel 2018.

Sepuluh lembaga tersebut telah melalui proses akreditasi yang ditentukan oleh KPU Provinsi Sulsel. Lembaga itu antara lain Indo Barometer, Celebes Research Center (CRC), Cyrus Nusantara, serta Indeks Politica Indonesia (IPI).

“10 lembaga ini sudah diakreditasi. Mereka akan melakukan hitung cepat dan dua di antaranya akan melakukan exit poll,” ujar Anggota KPU Sulsel divisi umum, organisasi, dan rumah tangga, Asram Jaya, Sabtu 9 Juni 2018.

Selain itu, enam lembaga survei yang akan melakukan hitung cepat pada 27 Juni 2018 antara lain Jaringan Survei Indonesia (JSI), Populi Center, Pandawa Research, Citra Publik Indonesia – LSI Network, serta Indikator Politik Indonesia.

Khusus lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dan Populi Center, kedua lembaga itu akan melakukan exit poll usai pencoblosan nantinya.

Asram melanjutkan bahwa lembaga survei yang telah mendapatkan akreditasi karena memenuhi syarat-syarat sesuai dengan KPU.

“Misalnya, melampirkan informasi lembaga sampai pernyataan, bahwa tidak berafiliasi dengan Partai Politik (Parpol) atau pasangan calon (Palon),” kata Mantan Ketua FIK Ornop Sulsel ini.

Selain lembaga survei, KPU Sulsel juga mengakreditasi 4 (empat) lembaga pemantau Pilkada antara lain LSM Forum Komunikasi Remaja, Lembaga Anti Penyalagunaan Jabatan (MAPJ) dan Lembaga Studi Kebijakan Publik serta Yayasan Bakti Indonesia.

Berikut ini 10 daftar lembaga survei yang akan melakukan hitunh cepat Pilgub Sulsel 2018:

1. Cyrus Nusantara

2. Indo Barometer

3. PT. Celebes Reserach Center

4.Populi Center

5. Citra Pubiik Indonesia

6. Indikator Politik Indonesia

7, Jaringan Suara Indonesia

8. Saiful Mujani

9. Indeks Politika

10. Pandawa Research