Bawaslu Sulsel: Tunggu Saja Hasilnya

Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi.

Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi.

MAKASSAR, DJOURNALIST.com – Perkara laporan Tim DIAmi terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar perihal tidak melaksanakan putusan Panwaslu Kota Makassar memasuki hari kelima dan hari terakhir bagi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan untuk memutuskan.

Ketua Bawaslu Sulsel, La Ode Arumahi, mengatakan, saat ini tim pemeriksa masih melakukan penyusunan hasil pemeriksaat terkait keterangan dari KPU Makassar, Tim DIAmi, Saksi Ahli, dan stage holder lainnya.

“Semua hasil pemeriksaan nantinya akan diekspose masing-masing pemeriksa di forum Gakumdu. Teman-teman yang minta keterangan ahli, mereka juga akan ekspose apa-apa pendapat ahli. Itu kemudian nanti kita simpulkan,” kata Arumahi, Rabu 23 Mei 2018.

Saat dimintai gambaran keterangan masing-masing pihak, Arumahi menegaskan, etika pemeriksaan dalam hal ini, tidak ada bocoran terkait keterangan apapun sebelum dilakukan Rapat Pleno.

“Itu tidak boleh ada bocoran keluar sebelum rapat, itu etikanya. Jadi kalau ada yang mengeluarkan pendapat di luar, sebelum rapat itu kesalahan besar. Sama dengan pemeriksaan-pemerisaan ini kan nanti disampaikan pada rapat pleno,” tegasnya.

Ia juga mengatakan bahwa, pemeriksa tidak serta merta mengambil keputusan usai melakukan pemeriksaan. Pemeriksa harus merampungkan hasil-hasil pemeriksaan terlebih dahulu yang nantinya akan dibahas dalam forum Gakumdu, sebagai bentuk pertanggungjawaban dalam proses pemeriksaan.

Terkait keterangan saksi ahli, apakah meringankan atau memberatkan tindakan KPU Makassar?

“Yah tergantung, karena ahli itukan bebas berpendapat sesuai keahliannya. Meringankan atau memberatkan kita belum tahu, nanti dibuka keterangannya. Karena biasanya kan ada keterangan tertulis juga,” ujarnya.

Dalam penyelesaian laporan tersebut, Bawaslu Provinsi Sulsel hanya memberikan rekomendasi apakah persoalan tersebut dapat dilanjutkan ke tahapan selanjutkan atau dinyatakan selesai di tahap pemeriksaan Bawaslu Sulsel. (**)